Gaung hari Hari kenaikan Yesus Kristus atau Isa Al Masih tidak sebesar memperingati Hari Natal atau hari Paskah (Hari Kebangkitan Yesus Kristus). Namun, hari yang diperingati pada 40 hari setelah hari Kebangkitan itu memiliki makna mendalam. 

Yesus mengalahkan dosa dan kematian di kayu salib dan kebangkitan dan Dia akan datang kembali dan memerintah. Tetapi Dia juga memerintah di sini dan saat ini. Umatnya dapat berpartisipasi dalam penyebaran perintah-Nya dengan menyerahkan diri pada kehadiran-Nya yang dinamis dan mengubah hidup di dalam diri masing-masing. 

Dengan pemikiran tersebut, berikut adalah beberapa inspirasi langsung yang mungkin dapat Moms gunakan untuk mengkomunikasikan makna mulia dari hari Kenaikan dan menumbuhkan apresiasi dan pemahamannya kepada anak-anak: 

Menjelaskan dan merayakan Hari Kenaikan kepada anak-anak

Tema utama yang dapat Moms tekankan: Look Up (mengantisipasi kedatangan-Nya kembali) dan Look Out (bagaimana kita dapat membagikan Kabar Baik). Bacakan Kisah 1: 1-11. Tinjau bagaimana Yesus menghabiskan 40 hari dengan murid-muridnya mengajar mereka dan membuka tulisan suci kepada mereka dalam terang kematian dan Kebangkitan-Nya.

Lebih baik jika buku tentang Kenaikan Yesus ini memiliki ilustrasi indah dan teks berima dalam menceritakan kisahnya.

Mengamalkan maknanya dalam kehidupan

Hitung 40 hari di kalender untuk kenaikan, dimulai pada Minggu Paskah. Hari Kenaikan secara historis dirayakan pada hari Kamis 40 hari setelah kebangkitan.

Bicarakan tentang Amanat Agung. Bahwa sebagai umatnya memiliki pekerjaan yang harus dilakukan! Lebih baik lagi jika membicarakan ini disertai buku disertai gambar. Diskusikan dengan anak-anak, bagaimana masing-masing dapat melaksanakan Amanat Agung di dalam keluarga dan lingkungan.

Bacakan maknanya di alam terbuka

Bacalah Wahyu 1: 7 selain meninjau Kisah Para Rasul 1: 10-11. Diskusikan bagaimana Yesus akan kembali lagi dengan cara yang sama dia naik. Pergi lihat dan kagumi awan. Bicara tentang surga. Bicara tentang kembalinya RAJA!

Buat sky jello

Makan camilan manis langka seperti ini pasti akan membuat mereka santai dan memberikan kesempatan untuk mengulas apa yang telah Moms diskusikan! 

Buat kerajinan Ascension (Hari kenaikan) 

Perlengkapan yang Moms perlukan:

Cara membuat:

Kumpulkan lego Moms atau mainan orang-orang kecil. Minta anak-anak Moms membuat ulang adegan yang Moms ceritakan sebelumnya. Mereka bisa menggunakan kerajinan yang baru saja mereka buat! Bagaimana Jesus bisa naik ke awan (penggambaran menemui Tuhan). Cara ini juga memberi Moms gambaran sekilas tentang apa saja yang anak pahami atau mungkin tidak mereka pahami tentang hari Kenaikan Isa Al Masih.