Asupan nutrisi di awal kehidupan, menentukan kesehatan anak di masa depan.

Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) adalah periode krusial pertumbuhan seorang anak. Pada1000 HPK, organ-organ si Kecil mulai terbentuk dan berkembang, termasuk sistem imunitas dan otaknya. Inilah masa emas pertumbuhan anak.

Informasi akurat tentang imunitas anak

Imunitas tubuh anak sangat memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan anak di masa depan. Anak yang memiliki daya tahan tubuh kuat tidak akan gampang jatuh sakit sehingga tumbuh kembangnya bisa optimal.

Sayangnya, meski sebagian besar orang tua menyadari pentingnya memperkuat daya tahan tubuh anak, masih  banyak di antara mereka yang belum paham dan masih ragu mengenai cara menjaga daya tahan tubuh anak. Selain itu, banyaknya informasi yang beredar membuat orang tua bingung, cara mana yang sebaiknya dipilih.

Mendapatkan informasi dari sumber yang tepercaya sangat penting untuk menjawab kebingungan dan keraguan Moms. Sekarang ini, ada banyak video expert yang membahas secara akurat dan mendalam tentang nutrisi yang tepat untuk mengoptimal imunitas anak, terutama nutrisi yang diberikan di 1000 hari pertama kehidupan.  Moms bisa memilih video yang memberi penjelasan lengkap dengan bahasa yang mudah dimengerti, dan pastinya dari expert yang tepercaya ya Moms.  

Karena memberikan asupan nutrisi untuk anak tidak boleh coba-coba, terutama pada masa kritis 1.000 HPK,  sebaiknya Moms mencari sumber yang tepercaya, yang bisa menuntun Moms dan memberikan referensi nutrisi yang tepat untuk memperkuat daya tahan tubuh si Kecil.

Nutrisi terbaik dan teruji klinis

Salah satu masalah krusial pada si Kecil adalah sistem imunitasnya yang belum berkembang secara sempurna. Karena itu, Moms mempunyai peran penting untuk meningkatkan sistem imunitas si Kecil.

Nah, menurut expert, untuk meningkatkan imunitas si Kecil, Moms perlu memerhatikan kesehatan pencernaannya. Karena, sekitar 80% sel kekebalan tubuh, berada di saluran pencernaan.

Pencernaan si Kecil sehat, penyerapan nutrisinya bisa maksimal, sehingga imunitas tubuhnya akan meningkat. Dampaknya, tumbuh kembang anak pun menjadi optimal. 

Kunci untuk meningkatkan dan mempertahankan imunitas si Kecil adalah dengan memerhatikan nutrisinya. Berikan nutrisi terbaik untuk meningkatkan sistem imunitasnya.

Apakah memberikan nutrisi terbaik saja sudah cukup? Eits, nanti dulu, Moms. Nutrisi terbaik juga harus didukung oleh uji klinis yang mumpuni lho, Moms. Karena organ tubuh si Kecil, termasuk sistem pencernaan dan kekebalan tubuhnya belum berkembang secara sempurna, maka si Kecil perlu mendapatkan asupan yang aman dan mampu meningkatkan sistem imunitasnya.

Nah, untuk memastikan apakah suatu produk itu aman atau tidak, berdampak bagus atau biasa saja, dia harus melalui serangkaian uji klinis, sehingga kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan. Untuk mengetahui produk seperti apa sih yang telah melalui uji klinis dan seberapa penting uji klinis bagi nutrisi si Kecil, Moms bisa mengunjungi Immunity Educational Page.

Sinbiotik dan kesehatan saluran cerna

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa ada keterkaitan antara imunitas anak dengan kesehatan saluran cerna. Berikutnya adalah nutrisi seperti apa yang sebaiknya diberikan untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna anak?

Kesehatan pencernaan dipengaruhi oleh lingkungan mikroba di usus. Nah, sinbiotik  berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan dengan memelihara keseimbangan mikroba tersebut, Moms. Beberapa studi menunjukkan bahwa sinbiotik dapat meningkatkan pertumbuhan dan menurunkan morbiditas penyakit infeksi pada anak.

Sinbiotik sendiri adalah makanan atau minuman yang memiliki komponen probiotik dan prebiotik. Probiotik adalah sebagai sel mikroba hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup akan memberikan manfaat kesehatan.

Sedangkan prebiotik adalah bahan fermentasi yang bisa menstimulasi pertumbuhan dan aktivitas beberapa bakteri yang terdapat pada usus sehingga dapat meningkatkan kesehatan inang. Prebiotik yang banyak digunakan adalah fruktooligosakarida (FOS) dan galaktooligosakarida (GOS) serta inulin.

Penggunaan probiotik dan prebiotik pada produk pangan dilakukan untuk mendukung pertumbuhan probiotik yang digunakan, sekaligus memperoleh manfaat dari prebiotik yang ditambahkan.

Berdasarkan penelitian pada 767 anak (12-29 bulan) dimana 23% populasi anak yang diberikan scGOS/lcFOS 9:13 6 g/hari dan LCPUFA (EPA & DHA) 101,4 mg selama 52 minggu, terlindungi dari infeksi saluran pernapasan atas dan infeksi saluran cerna. (Chatchatee P,2018).

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang sinbiotik, termasuk cara pemberian nutrisi sinbiotik, Moms bisa berkonsultasi pada dokter kepercayaan atau mengunjungi Immunity Education Page.