Sebagai Moms, tentunya tidak bisa jauh dari urusan pekerjaan rumah tangga. Meski terlihat sederhana, pekerjaan rumah tangga tidak bisa dianggap sebagai pekerjaan yang  sepele ya, Moms karena memakan waktu serta tenaga yang tidak sedikit. Bisa dibilang, pekerjaan yang tidak pernah ada kata selesai dan melelahkan, ya pekerjaan domestik. 

Pekerjaan rumah tangga adalah salah satu keterampilan hidup yang seharusnya dimiliki setiap orang, tidak memandang gender. Siapa bilang pekerjaan rumah tangga hanya urusan para Moms? Itu urusan semua anggota keluarga di rumah, Moms, termasuk Dads dan anak-anak. 

Supaya si Kecil tidak kaget dengan pekerjaan rumah tangga ketika ia dewasa, Moms sebaiknya mengenalkan keterampilan ini sejak dini. Berikut adalah beberapa alasan untuk mengajarkan anak laki-laki kita untuk melakukan pekerjaan rumah tangga: 

Jenis kelamin bukan masalah 

Laki-laki ataupun perempuan memiliki porsi dan kedudukan yang sama di rumah. Mengajarkan si Kecil tentang ini memberikan pengertian bahwa pekerjaan rumah tangga tidak bisa dibedakan oleh jenis kelamin. 

Belajar banyak hal 

Membersihkan bukan hanya bertujuan agar bersih tetapi di dalamnya meninggalkan pesan-pesan tanggung jawab serta disiplin. 

Belajar tentang kebersihan dan kerapian 

Melakukan pekerjaan rumah tangga juga mengenalkan tentang kebersihan dan bagaimana upaya agar kebersihan tersebut bisa didapatkan. 

Setelah Moms memiliki alasan untuk mengajarkan pekerjaan rumah tangga pada si Kecil, maka berikutnya adalah jenis pekerjaan apa yang bisa diajarkan kepada anak laki-laki Moms di rumah? Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan rumah tangga sederhana yang bisa diajarkan pada si Kecil di rumah : 

  1. Merapikan mainan

Point pertama ini bisa mulai diajarkan pada usia 18 bulan. Merapikan mainan juga membantu si Kecil untuk belajar mengerti perintah atau merangsang beberapa motorik kasar si Kecil. 

  1. Menaruh barang di tempatnya 

Hal ini sangat sederhana seperti menaruh piring kotor di tempat cuci piring atau membuang sampah di tempatnya. Hal ini mengajarkan tentang tanggung Jawab serta kemandirian si Kecil 

  1. Merapikan tempat tidur 

Untuk anak yang lebih besar, bisa diajarkan merapikan tempat tidur ketika baru bangun tidur. Hal ini terlihat lebih kompleks tetapi Moms bisa memberikan reward berupa pujian jika si Kecil mau dan mampu melakukannya. 

Masih banyak pekerjaan rumah tangga yang bisa dilakukan si Kecil, dan semua bisa disesuaikan dengan kemampuan serta kemauan si Kecil. Dan jangan lupa untuk sesekali berikan reward atas kerja kerasnya, ya Moms.