Bermain dengan mainan adalah bagian penting dari perkembangan anak. Bermain dapat membantu anak belajar tentang dunia, juga mengasah berbagai macam keterampilan. Namun, ada stereotipe terhadap jenis mainan yang berdasarkan  jenis kelamin atau gender, misalnya boneka identik dengan anak perempuan dan robot hanya untuk anak laki-laki. Apa dampaknya bagi anak?

Membatasi jenis mainan berdasarkan gender anak dapat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama dapat membatasi daya imajinasinya. Maka penting untuk membiarkan anak bereksplorasi dengan mainannya tanpa dibatasi oleh gender. 

Berikut adalah manfaat mainan gender netral untuk anak:

Membantu anak merasa berdaya

Membiarkan anak bermain dengan berbagai macam mainan akan membantunya merasa lebih berdaya dan percaya diri karena anak dapat memilih minat atau aktivitas apa yang ingin dilakukannya.

Membantu anak bereksperimen

Bermain dengan mainan netral gender membantu mendorong keingintahuan pada anak-anak dengan meningkatkan minat mereka pada dunia di sekitar mereka. Hal ini, pada gilirannya, dapat mendorong permainan berpikiran terbuka dan pemikiran eksperimental pada anak-anak.

Membantu meningkatkan keterampilan belajar

Tidak semua anak memiliki keterampilan yang sama, beberapa anak lebih analitis, dan beberapa lebih kreatif. Setiap anak belajar dengan cara berbeda, dan mainan netral gender membantu anak dalam mengembangkan keterampilan tertentu, sehingga membantu dalam belajar atau meningkatkan keterampilan.

Baca Juga : Latih Anak Merapikan Mainan Sendiri

Membantu mematahkan stereotip gender

Mainan yang tidak spesifik untuk gender tertentu membantu anak untuk mengeksplorasi diri dan minatnya. Mengategorikan mainan sebagai 'mainan anak perempuan' atau 'mainan anak laki-laki' akan membingungkan anak dan melanggengkan stereotip ini pada anak hingga ia dewasa.

Setelah mengetahui manfaat dan pentingnya memilih mainan yang netral gender untuk anak, beberapa contoh mainan tersebut di antaranya:

Kebanyakan anak senang mencoret-coret, bahkan tak jarang dinding rumah Moms menjadi kanvasnya. Mengalihkan ketertarikan anak ke alat menggambar sebagai salah satu mainan netral gender dapat mendukung koordinasi otot dan tangan-mata, serta melepaskan emosi. 

Bermain alat musik mendukung kreativitas anak, meningkatkan keterampilan kognitif dan perkembangan inderanya, serta perkembangan motorik halus, melatih kesabaran, juga mendukung ekspresi dirinya.

Baca Juga : Ide Permainan untuk Merangsang Motorik Si Kecil

Terdapat mainan lego yang diperuntukkan bagi anak dengan berbagai usia. Permainan konstruksi dan bangunan ini dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, hingga melatih kegigihan dan kepercayaan diri anak. 

Miniatur berbagai spesies hewan dapat memperluas pengetahuan anak tentang hewan.

Baca Juga : Jenis dan Manfaat Mainan Edukasi Bagi Anak

Selama ini mungkin permainan masak-masakan identik dengan anak perempuan, namun manfaat dari permainan ini juga dibutuhkan oleh anak laki-laki, seperti kreativitas dan imajinasi, keterampilan sosial, menyelesaikan masalah, hingga mengembangkan keterampilan motorik halus.