Menetapkan jadwal bagi si Kecil adalah salah satu cara membiasakan rutinitas. Semua aktivitas penting termasuk waktu tidur siang dan bermain si Kecil bisa diakomodasi di sini. Jadwal yang teratur membantu si Kecil memprediksi kegiatannya.

Membangun rutinitas yang baik jua membuat si Kecil memiliki waktu untuk mengoptimalkan perkembangannya.

Baca Juga: Sensorimotor Bayi dan Cara Mengoptimalkannya

Berikut ini manfaat membuat jadwal aktivitas untuk si Kecil: 

Lebih mudah tidur

Balita seringkali menolak untuk ditidurkan, ada juga balita yang rewel di malam hari karena tidak tidur di siang hari, sehingga kelelahan. Jika Moms menetapkan jadwal dan kebiasaan sesuai waktunya, termasuk menjadwalkan waktu tidur siang, si Kecil akan lebih terbiasa dengan rutinitas tidur yang konsisten, dan tidak terlalu rewel di malam hari.

Baca Juga: Bayi Susah Tidur Di Malam Hari? Coba Cara Ini

Mengembangkan kebiasaan baik

Jadwal dapat membantu si Kecil memahami manajemen waktu sejak dini. Selain itu, dengan menetapkan jadwal, si Kecil juga memahami bahwa ada batasan waktu dan waktu tertentu untuk tiap aktivitas tertentu.

Meminimalisasi penolakan terhadap faktor eksternal

Si Kecil yang terbiasa dengan jadwal memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terpengaruh faktor eksternal, seperti datangnya tamu di rumah.

Menyiapkannya untuk masa depan

Jika si Kecil terbiasa dengan rutinitas yang efisien, ia tidak kaget dengan perubahan signifikan yang bisa terjadi di masa depan. Hal ini membuatnya lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Membantu Moms membagi waktu

Rutinitas si Kecil yang teratur membuat Moms lebih relaks dan bisa membagi waktu untuk kegiatan lain, menyesuaikan dengan aktivitas si Kecil, seperti kapan saatnya si Kecil tidur siang, bermain, makan, dan aktivitas lain.

Dalam menetapkan jadwal untuk si Kecil, sebaiknya tidak terlalu ketat dan kaku, Moms, tetapi tetap mengikuti kebiasaannya, dan lakukan sedikit demi sedikit.

Secara umum, Moms bisa membagi rutinitas si Kecil berdasarkan aktivitasnya, seperti rutinitas pagi, waktu makan, “tugas” rumah, waktu bermain, dan waktu tidur, serta waktu mandi.

di pagi hari. Cobalah untuk konsisten tiap harinya agar si Kecil lebih relaks dan tidak tantrum. Sementara pada waktu makan, buat jadwal makan 3 kali sehari dan waktu makan camilan 2 kali sehari, tetap konsisten agar si  Kecil lebih siap untuk makan tanpa menimbulkan banyak keributan.

Pada rutinitas tugas rumah, Moms bisa mulai membiasakan si Kecil melakukan pekerjaan rumah yang ringan, sesuai dengan usianya, dan yang ia senangi. Hal ini dimaksudkan agar ia lebih menghargai pekerjaan rumah tangga.

Waktu bermain bisa Moms isi dengan bermain lego, menggambar, mengajaknya ke taman, atau bermain mobil-mobilan. Sementara waktu tidur dan mandi dijadwalkan untuk membiasakan si Kecil tidur cukup dan rutinitas sebelum tidur, seperti menyikat gigi, serta kebersihan diri secara keseluruhan.

Tak hanya aktivitas dasar, Moms juga bisa menambahkan kegiatan lain ke dalam rutinitas si Kecil, seperti bermain di luar ruangan, membaca buku, melakukan aktivitas untuk mengoptimalkan kemampuan motoriknya, serta aktivitas sosial, seperti bermain bersama teman seusianya.

Baca Juga: 4 Aktivitas Maksimalkan Kemampuan Motorik Anak