Yeayyy….. si Kecil sekarang berulang tahun yang yang ke-2. Pada usianya ini, si Kecil  Moms sudah bisa berjalan dengan lincah, memanjat, melompat, berlari.  Si kecil benar-benar sibuk dan full energi ya, Moms. 

Si batita kecil ini juga  sekarang memiliki kosa kata yang berkembang dan memperoleh kata-kata baru secara teratur. Dia dapat mengurutkan bentuk dan warna, dan bahkan mungkin bisa berlatih toilet training

Seiring tumbuh kembang fisik yang bertambah, si Kecil pun secara emosional merasa lebih mandiri. Ia juga mungkin menunjukkan tanda-tanda pembangkangan saat ia mulai menjelajahi dunia di sekitarnya.

Perkembangan sosial dan emosional

Dengan beberapa cara, Moms akan melihat si Kecil belajar terhubung dengan orang-orang di sekitarnya pada usia 2 tahun, antara lain dengan cara: 

Tip untuk Moms 

Perkembangan bahasa dan komunikasi

bahasa dan komunikasi menjadi cara batita Moms mengekspresikan kebutuhannya. Pada usia 2 tahunnya, ia akan melakukan: 

Tip untuk Moms

Saat mengajak si Kecil jalan-jalan, sering-seringlah memberi tahu dia nama-nama benda yang Moms lihat. Ia akan belajar mengingatnya.

Perkembangan Kognitif

Masa ini juga termasuk masa emas perkembangan otak seorang anak. Perkembangan otak pada anak usia dua tahun sangat pesat, antara lain ditunjukkan dengan: 

Tip untuk Moms

Letakkan beberapa benda yang disebar di ruangan. Sembunyikan beberapa benda. Lalu, dorong si Kecil untuk mencari dan menemukan  benda yang Moms sebutkan. Untuk benda yang disembunyikan, berikan si Kecil  petunjuk untuk menemukannya.

Perkembangan fisik dan motorik

Pada usia 2 tahun, si Kecil Moms sudah lincah bergerak dan menjelajahi lingkungan sekitarnya. Ia pun mengembangkan beberapa gerakan motorik kasar dan halus, seperti: 

Tip untuk Moms

Buat sedikit tantangan keterampilan motorik halus untuk balita kecil ini, seperti memintanya membalik halaman buku.

Perkembangan makanan dan nutrisi

Jenis makananya bukan lagi makanan  lunak. Ia sudah mampu makan makanan orang dewasa dan duduk bersama di meja makan. Hal ini ditunjukkan: 

Tip untuk orang tua

Beri anak perhatian positif saat dia makan, seperti menungguinya makan dan memuji bila ia makan dengan lahap. Tetapi, jangan langsung kesal atau marah  saat dia tidak makan atau tidak menghabiskan makanannya. Ambil saja makanannya, tutupi, dan tawarkan lagi padanya nanti.

Hal-hal yang harus diperhatikan orang tua

Setiap anak memiliki perkembangan secara berbeda. Tapi sebaiknya Moms segera konsultasi ke dokter anak, jika si Kecil  yang berusia 2 tahun menunjukkan hal ini:

Baca Juga :Perkembangan Anak Usia 1 tahun