Sejak usia 0 hingga satu tahun, penglihatan si Kecil mengalami perkembangan yang drastis. Namun, penglihatannya sangat berbeda dengan Moms dan orang dewasa pada umumnya, mulai dari warna dan kejernihan. Saat ia lahir, meninggalkan kegelapan dan ketenangan di dalam rahim, belum banyak yang mampu bayi lihat. 

Sebenarnya, saat lahir mata bayi sudah mampu melihat dengan baik, otaknya-lah yang belum mampu memproses dan menginterpretasi informasi yang kompleks. Sehingga warna-warna yang mampu dilihat bayi adalah warna dasar, dan kemampuannya untuk memproses shades warna masih terbatas. Setidaknya pada enam bulan pertama kelahirannya, bersamaan dengan perkembangan otak, penglihatan bayi juga berkembang pesat. 

Saat lahir

Dimulai dari embrio dalam janin, mata mulai terbentuk sebagai dua lekukan kecil dan terus berkembang sejak hari ke-22 kehamilan Moms. Ketika si Kecil lahir, dokter langsung memeriksa adanya kelainan mata bawaan yang terjadi di dalam rahim. Dokter juga mungkin akan memberikan beberapa tetes mata untuk mencegah infeksi mata. Saat lahir, bayi mampu melihat benda dengan gradasi abu-abu, hitam, dan putih. Hal ini disebabkan oleh sel saraf dalam otak dan mata belum berkembang sempurna. Selain itu, bayi belum mampu menggerakkan mata di antara dua objek dan hanya fokus pada objek yang berjarak antara 8 – 10 inci dari wajah.

Usia 0 – 2 bulan

Penelitian menunjukkan, pada usia ini bayi mulai bisa membedakan warna primer, seperti merah, biru, dan hijau. Mulai minggu ketiga, pupilnya dapat membesar untuk membiarkan lebih banyak cahaya masuk. Pada bulan pertama, penglihatan si kecil masih kabur, Moms, sehingga ia hanya akan merespon jika melihat objek yang besar dan penuh warna. Perkembangan lainnya adalah mengkoordinasi penglihatan dan pendengaran, memfokuskan pandangan, dan menginterpretasi senyuman Moms.

Usia 2 – 4 bulan

Selama periode ini, si Kecil mulai mengembangkan kemampuan persepsi kedalaman objek, ia bisa menilai sejauh apa objek tersebut berada darinya. Selain itu, si Kecil juga dapat melacak objek yang bergerak. Ketika suatu benda bergerak dalam area penglihatannya, bayi akan merespon dengan melihatnya. Palet warna bayi pun semakin beragam pada usia ini.

Usia 4 – 8 bulan

Saat memasuki usia lima bulan, penglihatan warna bayi semakin kuat. Kemampuan persepsi kedalaman dan jarak juga semakin berkembang. Ia juga mengenali objek dan wajah Moms dari jarak enam kaki. Pada tahap ini, Moms dapat bermain cilukba dengan si Kecil untuk merangsang visualnya.

Usia 9 – 12 bulan

Inilah usia di mana bayi dapat melihat sebagaimana orang dewasa melihat. Perkembangan warna dan persepsi kedalamannya sudah jauh lebih baik. Warna mata bayi juga memasuki tahap finalisasi warna permanen untuk seumur hidupnya. Ia dapat membedakan benda yang dekat dan jauh, membedakan warna, melihat benda yang jauh, dan mengenali wajah dan benda yang familiar. Koordinasi antara otot dan mata juga lebih baik. Pada saat ini, Moms dapat mengenalkan permainan yang melibatkan objek bergerak, seperti lempar bola atau bongkar-pasang. Ia juga mulai tertarik pada buku ilustrasi yang berwarna-warni. Bayi juga menyukai wajah manusia, sehingga ia senang berada di antara keluarga.