Di zaman digital ini kita tidak asing lagi jika melihat anak usia dini sudah pandai mengoperasikan gawai dan bermain games online. Namun ada baiknya anak usia dini diberi mainan yang mampu merangsang motorik, sosial, kreativitas serta tidak memakai teknologi. 

Permainan tidak perlu bermerek dan mahal yang penting adalah permainan tersebut dapat membuat anak gembira serta merangsang kemampuan motorik, emosional, sosial, bicara, dan daya berpikirnya. Berikut beberapa permainan anak dari bahan seadanya di rumah, low budget pastinya,  yuk di cek Moms : 

Gelembung pelangi

Bahan yang dibutuhkan: 

Botol plastik kecil bekas

Handuk kecil atau kaus kaki

1 karet gelang

Beberapa pewarna makanan

Sabun cuci piring cair

Air

Gunting

Wadah kecil

Cara bermain: 

Gunting bagian bawah botol hingga bolong. Tutupi alas botol yang bolong dengan handuk atau kaus kaki. Lilitkan dengan karet gelang agar handuk tidak copot. Teteskan pewarna makanan beraneka warna secara melingkar pada handuk yang kini telah menjadi alas botol. Tuang sedikit air dan sabun cuci piring di wadah, aduk. Celupkan bagian alas botol yang sudah ditutupi handuk ke dalam wadah, lalu angkat. Lepaskan tutup botol, lalu tiup kencang, dan keluar lah gelembung. 

Berhitung caterpillar/kereta api 

Bahan yang dibutuhkan: 

Kertas hvs

Spidol 

Pompom 

Dobel tip 

Cara bermain : 

Susun ke atas / membuat piramida 

Bahan yang dibutuhkan: 

gelas plastik warna warni. 

Cara bermaian : 

Tebak gambar 

Tidak memerlukan bahan.  Moms cukup suruh si Kecil duduk membelakangi Moms, lalu Moms buat gambar di punggung si Kecil dengan jemari,  selanjutnya Moms ajak si Kecil untuk menebak gambar apa yang dibuat Moms. Berikutnya gantian si Kecil yang menggambar di punggung Moms. 

Demprak

Bahan yang dibutuhkan: 

kapur dan batu. 

Cara bermain :

Congklak 

Cara bermain :

Membagi biji congklak secara rata, kemudian suit,  yang menang,  main terlebih dahulu, dengan cara mengambil salah satu lubang yang berisi biji, dan membagi rata ke semua lubang dengan arah jarum jam. 

Masih banyak lagi permainan untuk mengasah kreativitas anak, tentunya yang tidak mengeluarkan uang, dapat menggunakan bahan seadanya di rumah.

Bermain sangat penting untuk perkembangan anak yang optimal. Hal ini telah diakui oleh Komisi Tinggi PBB untuk hak asasi manusia pada setiap anak. Setiap anak layak mendapat kesempatan untuk mengembangkan potensi unik mereka. Orangtua harus mempertimbangkan semua faktor yang dapat mengganggu perkembangan optimal anak dan memaksimalkan ruang bermain anak agar tetap terpantau.  

Bermain akan memungkinkan anak untuk menggunakan kreativitas mereka untuk mengembangkan imajinasi, ketangkasan, kekuatan fisik, kognitif, dan emosional mereka. Bermain penting untuk perkembangan otak yang sehat. Tidak harus di luar, bermain bisa Moms lakukan bersama anak di rumah untuk membangun kedekatan antara anak dengan orang tua.