Bermain dengan slime sangat disenangi anak-anak, mungkin Moms juga. Menggenggam dan menarik-narik adonan yang lengket dan kenyal itu memang menyenangkan ya Moms. Tapi, kalau Moms mempunyai anak-anak yang masih sering memasukkan benda ke dalam mulut,  agak bingung juga mau memberikan slime. Pasalnya, komposisi kandungan yang ada pada slime itu tidak aman jika tak sengaja masuk ke dalam mulut. Slime mengandung borax dan lem.

Baca Juga : Ide Permainan untuk Merangsang Motorik Si Kecil

Meskipun begitu, Moms tak perlu khawatir karena Moms bisa membuat slime sendiri yang cukup aman jika tak sengaja masuk ke dalam mulut. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah didapat di dapur Moms. 

Slime dari jeli aroma buah 

Untuk membuat slime dengan resep ini sangat mudah, Moms. Karena cukup dengan jeli bubuk dalam kemasan yang memiliki banyak varian rasa. Moms tak perlu repot memberi pewarna lagi karena sudah ada warna bawaan dari jeli tersebut. 

Bahan: 

1 bungkus jeli bubuk (Misalnya, Nutrijell) 

250 ml air hangat 

200 g tepung maizena (Agar lebih aman, bisa disangrai dulu selama 10 menit) 

Cara membuat: 

Tuangkan satu bungkus jeli bubuk ke dalam wadah. Beri air hangat sedikit-sedikit dan aduk sampai kental. Jika adonan terasa lebih cair, Moms bisa memberi tepung maizena sedikit sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan. 

Slime unicorn dari marshmallow 

Kali ini, Moms bisa membuat slime secantik unicorn dengan marshmallow. Syaratnya, Moms pilih marshmallow yang warna-warni ya!

Bahan: 

1 bungkus marshmallow. Bisa ditambahkan jumlahnya sesuai selera. 

250g gula halus 

Minyak sayur 

Cara membuat: 

Panaskan marshmallow selama 30 detik, sampai teksturnya meleleh. Bisa menggunakan microwave atau juga panci anti lengket. Jangan dipanaskan terlalu lama karena nantinya jadi gosong. 

Pindahkan marshmallow ke dalam wadah besar. Beri gula halus sedikit-sedikit, lalu aduk. Kemudian  berikan gula halus sampai menjadi slime yang diinginkan. Beri minyak secukupnya agar tidak terlalu lengket. Slime ini akan jadi slime yang paling manis di antara semuanya. Jadi, hati-hati dengan serangan semut ya, Moms. Jangan lupa dibersihkan kembali setelah proses pembuatannya.

Baca Juga : Permainan Kreatif dari Bahan Rumah Tangga

Slime dan glitter dari chia seed 

Nah, Moms resep slime yang ini lebih mudah lagi. Dengan chia seed, Moms bisa bikin slime sekaligus efek glitternya juga. 

Bahan: 

3 sdm chia Seed 

250 ml air 

200 g tepung maizena 

Pewarna makanan 

Cara membuat: 

Masukkan air ke dalam wadah. Masukkan chia seed. Diamkan selama satu malam di kulkas. Jika ingin lebih cepat, Moms bisa merendam chia seed menggunakan air hangat 30 menit sebelum pembuatan slime. Teteskan pewarna makanan secukupnya. Aduk rata. 

Setelah chia seed mengembang dan teksturnya jadi lebih mengental, tuang ke dalam wadah yang lebih besar. Beri tepung maizena secara bertahap lalu aduk-aduk sampai menjadi tekstur yang diinginkan. 

Bagaimana Moms? Cukup mudah kan membuat slime yang aman untuk dimainkan anak-anak yang masih berada dalam tahap fase oral. Selamat mencoba.