Siapa di sini yang suka seafood ? Sesuai dengan namanya, seafood adalah makanan laut dalam artian makanan yang berasal dari laut. Seafood memiliki banyak sekali penggemar dari segala kalangan, baik muda maupun tua. Bahkan kini banyak bayi atau anak yang mulai diperkenalkan pada seafood. 

Menambahkan seafood pada makanan si Kecil bisa menambah cita rasa hingga kandungan nutrisi yang tinggi sehingga bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Namun, tidak semua jenis seafood aman diberikan pada anak. Biar Moms tidak bingung, berikut beberapa jenis seafood yang aman untuk diberikan kepada anak: 

Ikan 

Jenis seafood yang paling sering dan paling mudah ditemukan adalah ikan laut. Ikan laut kaya akan omega 3 dan banyak kandungan nutrisi lainnya.  Mengolahnya pun tidak terlalu merepotkan. Pilihlah ikan yang tidak mengandung merkuri. Seperti ikan salmon, sarden dan jenis ikan lainnya. Ikan memiliki manfaat sebagai sumber protein dan omega-3 yang sangat baik untuk pertumbuhan gigi, tulang hingga perkembangan otak si Kecil.

Baca Juga :  Jenis Ikan untuk MPASI

Udang 

Memiliki rasa yang gurih dan mudah ditemukan udang menjadi salah satu pilihan seafood yang bisa Moms sajikan di piring makan si Kecil. Udang mengandung banyak makronutrien seperti omega-3, zink, fosfor dan kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta perkembangan otak si Kecil. Tetapi jika Moms ingin memberikan udang untuk si Kecil, sebaiknya Moms berkonsultasi pada dokter atau memberikan udang dalam porsi kecil terlebih dahulu. 

Lobster 

Saudara udang yang lain yakni lobster juga bisa menjadi pilihan jika Moms ingin memberikan seafood kepada si Kecil. Dagingnya yang lembut dan memiliki banyak nutrisi seperti protein hingga omega-3, memang cocok diberikan pada si Kecil. Namun, umumnya lobster mengandung tinggi sodium, karena itu sebaiknya Moms mempertimbangkan pemberian lobster pada anak yang berusia di atas satu tahun. 

Kepiting 

Kepiting terkenal memiliki cangkang keras tetapi dengan daging lembut dan manis. Hewan bercangkang ini kaya akan kandungan nutrisi seperti protein, omega-3, selenium hingga kalsium.  Tetapi kepiting ini kurang cocok jika diberikan pada anak yang berusia kurang dari setahun. Pemberian kepiting di atas satu tahun pun harus dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. 

Scallops 

Scallops atau kerang kampak lebih sulit ditemukan dibandingkan jenis seafood lain, tetapi scallops mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan si Kecil seperti vitamin B12, omega-3 dan zink.

Baca Juga : Mau Anak Senang Makan Sayur? Begini Caranya Kata Ahli Gizi