Susu adalah sumber kalsium utama bagi manusia di awal masa hidupnya. Kalsium dalam susu lebih mudah diserap tubuh dibanding kalsium dari sayur. Kandungan nutrisi pada susu juga dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi yang optimal. Karena itu, susu sapi menjadi pilihan utama pengganti ASI bagi bayi. Namun, bagi bayi yang alergi susu sapi, atau mulai membiasakan gaya hidup ala vegan, konsumsi susu kedelai dan almond sering menjadi pilihan. 

Alergi protein susu sapi merupakan salah satu keluhan yang umum pada bayi.  Berdasarkan data dari Diagnosis dan Tata Laksana Susu Sapi Rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pada 2014 sebanyak 1 dari 13 anak menderita alergi susu sapi.

Di lain sisi, si Kecil yang sudah lepas dari ASI, tetap membutuhkan susu sebagai salah satu sumber zat gizi, yaitu protein, kalsium, vitamin D, dan vitamin A. Bila si Kecil adalah 1 dari 13 anak di atas, atau jika Moms lebih ingin mengenalkan susu almond pada si Kecil, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

Susu almond bersumber dari kacang almond yang digiling dengan air, gula, dan bahan lainnya. Susu almond baik dan aman dikonsumsi bayi jika usianya lebih dari satu tahun ya, Moms. Tidak dianjurkan untuk usia di bawah satu tahun karena walau susu almond cukup kaya akan nutrisi, namun kurang mengandung protein. 

Almond adalah sumber nutrisi yang mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin E, vitamin A, kalium, sodium, dan tentu saja kalsium walau jumlahnya tidak sebanyak susu sapi. Dalam masa pertumbuhannya, anak-anak butuh banyak kalsium untuk pembentukan tulang, sementara kekurangan kalsium dapat menyebabkan massa tulang berkurang, hingga osteoporosis di kemudian hari. Namun, saat ini banyak brand susu almond yang menambahkan kalsium ke dalam produknya, Moms, dan ini bisa dijadikan jawaban atas kebutuhan kalsium keluarga, termasuk si Kecil.

Porsi susu almond yang dibutuhkan si Kecil dalam sehari adalah 2 – 3 gelas (16 – 24 ons). Tidak dianjurkan lebih dari itu karena semakin banyak mengonsumsi susu, semakin sedikit porsi makanan padat yang berujung pada kurangnya asupan zat besi dan nutrisi lain. Secara umum, bagi anak di atas satu tahun susu tidak lagi menjadi makanan utama, tetapi dijadikan menu tambahan pendamping makanan padat. 

Berikut adalah manfaat susu almond bagi si Kecil: