Tahukah Moms bahwa otak si Kecil berkembang pesat dalam tiga tahun pertama kehidupannya? Jadi, Moms dan Dads perlu mendukung si Kecil untuk  mengembangkan kemampuan otaknya ini.  

Kabar baiknya, salah satu cara terbaik orang tua  untuk mendukung perkembangan anak sebenarnya cukup sederhana dan menyenangkan. Apa caranya? Ajaklah si Kecil bermain.

Bermain bukan hanya membuat si Kecil bersenang-senang. Dengan bermain ia  belajar dan membangun life skill  yang penting,  mulai dari pemecahan masalah hingga mengekspresikan ide. Bonusnya lagi, dengan bermain bersama anak juga memperkuat ikatan anak dan orang tua. Tak percaya? Ikuti  beberapa permainan yang secara sains dapat membantu tumbuh dan kembang si Kecil.

Bangun menara untuk melatih keterampilan fisik dan motorik

Bermain dengan menumpuk benda, seperti menumpuk kubus, membuat menara dari lego,  membantunya memahami gerakan dan ruang melalui melatih keterampilan sensorik-motorik. Dengan permainan ini pun dapt mengembangkan pemahaman spasial si Kecil. Keterampilan ini juga penting untuk memelihara tubuh si Kecil  yang sehat dan aktif. 

Moms, libatkan diri  dalam permainan si Kecil ini. Perhatikan apa yang dia bangun, suara dan ekspresi wajah. Buat permainan ini seru dengan secara bergiliran menambahkan objek ke struktur. Dan lihatlah seberapa tinggi ia bisa melangkah!

Ucapan suara konyol membangun keterampilan sosial si kecil

Kemampuan si Kecil berkata-kata untuk mengungkapkan emosi dan pikirannya masih terbatas. Tapi, balita secara alami mencoba interaksi melalui ocehan, ekspresi wajah, dan gerak tubuh.

Jadi, meski ungkapan bahasa si Kecil masih berupa gumanan atau ocehan yang belum jelas, Moms tetap perhatikan apa pun yang dia ungkapkan. Berikan responS dengan menyesuaikan pandangan, suara, dan gerakan si Kecil. 

Cara Moms tersebut akan membantu membangun dan memperkuat koneksi saraf di otaknya, sehingga mendukung perkembangan komunikasi dan keterampilan sosial si Kecil. Saling menanggapi ini juga memperkuat ikatan antara Moms dan si Kecil.

Bermain menyembunyikan barang membangun keterampilan kognitif si kecil

Permainan menyembunyikan dan menemukan benda-benda rumah tangga adalah permainan yang menantang si Kecil, sekaligus menyenangkan baginya. 

Dengan permainan ini,  Moms dapat membantu si Kecil melatih konsentrasi, pemecahan masalah, dan pemikiran yang fleksibel. Dia belajar untuk menangani tugas-tugas kompleks dan membangun strategi yang efektif untuk mengatasi rintangan. 

Jika si Kecil tampak frustrasi karena tidak memiliki ide untuk menemukan barang, berikan beberapa petunjuk. Jangan menyerah untuk memberitahukan tempatnya.  Biarkan dia mendapatkan barang itu sendiri dengan memerhatikan petunjuk Moms. 

Saat bernyanyi dan menari, si kecil membangun keterampilan emosional

Memahami, mengelola, dan mengekspresikan emosi dengan membangun kesadaran diri dan menangani impuls sangat penting untuk perkembangan emosional dan rasa nyaman bagi si Kecil.

Nah, menyanyi dan menari adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan dan mengeluarkan perasaan. Gabungkan kegiatan ini. Susunlah playlist lagu-lagu kesukaan si Kecil, lalu buatlah gerakan tari sederhana. Lalu, menyanyi dan menarilah bersamanya.

Menggambar dari imajinasinya untuk membangun keterampilan kreatif si kecil

Si Kecil tampak serius memakai pensil warna atau crayon-nya. Ia tampak sibuk menggerakan crayon ini di atas buku gambar besar bahkan dinding rumah ya, Moms. Tak jarang saat menggambar ini lakukan sambil bercerita. Sudah begitu serius, kok, hasilnya cuma seperti coretan yang tidak jelas, ya?

Biarkan saja Moms untuk apa pun hasil gambarnya. Jangan dikritisi untuk bentuk maupun warnanya.  Ketika si Kecil sedang duduk dan menggambar dunianya sendiri di atas kertas, dia mengekspresikan ide-idenya dan mengubahnya menjadi kenyataan. 

Setelah dia selesai, pancinglah si Kecil untuk ‘memandu’ Moms melalui dunia yang dia ciptakan.  Ajukan pertanyaan tentang gambar yang Moms lihat.

Hal-hal di atas hanya sedikit cara untuk mengajak anak bermain yang terbukti membantu tumbuh kembang anak. Kabar baiknya, anak-anak tidak membutuhkan mainan mahal untuk bermain dan belajar. Moms cukup  menyediakan alat-alat bermain yang ada di seputar rumah. Berpenting bagi si Kecil adalah kehadiran Moms dan Dads untuk mengajaknya bermain. 

Selamat bersenang-senang!

Baca Juga :Ciptakan Pengalaman Belajar & Eksplorasi si Kecil dari Tablet