Bermain sepeda adalah olahraga dan aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Untuk bisa mengendarai sepeda, anak harus menguasai keterampilan menjaga keseimbangan, dan mengendalikan setirnya, juga mengayuh pedal. Kebanyakan anak mulai bisa menguasai sepeda roda tiga pada usia 3 tahun, tetapi ini berbeda pada setiap anak. Nah, berikut ini tip memilih sepeda sesuai umur balita yang bisa Moms jadikan patokan saat memilih sepeda si Kecil. 

Balance bike 

Mulai usia 18 bulan biasanya anak sudah mulai mahir berjalan dan berlari. Pada usia ini, Moms bisa memberikan si Kecil sepeda bertipe balance bike atau push bike. Sepeda roda dua tanpa pedal ini akan menjadi permulaan awal si Kecil belajar mengatur keseimbangan dan mengelola setir sepeda. Semakin mahir si Kecil menggunakan sepeda jenis ini, maka akan semakin mudah nantinya transisi ke sepeda berpedal. 

Sepeda dengan roda bantu 

Saat si Kecil sudah mulai tambah tinggi dan semakin mahir menggunakan Balance Bike-nya, dia akan mulai tertarik pada sepeda berpedal. Ini biasanya terjadi di usia sekitar 3 tahunan. Moms bisa memberikan si Kecil sepeda roda tiga atau sepeda roda dua yang memiliki roda bantu. Biasanya sepeda beroda bantu ini memiliki ukuran 12-14 inci dengan kecepatan tunggal dan rem sederhana. Roda bantu ini bisa dicopot ketika si Kecil sudah mulai percaya diri mengayuh sepedanya tanpa bantuan penyeimbang. 

Sepeda roda dua 

Ketika si Kecil sudah mahir dengan sepeda beroda bantunya, Moms bisa mengajaknya mencoba sepeda roda dua. Untuk balita, cukup dengan sepeda roda dua kecepatan tunggal atau yang belum ada giginya. Selain memilih sepeda sesuai umur balita, dikutip dari laman Healthy Children, pilih sepeda yang ketika diduduki anak, kedua kakinya bisa menapak. Juga, ketika anak berdiri pastikan ada sela antara selangkangan anak dan sadel sepedanya. Tidak lupa, ajarkan juga keamanan saat bermain sepeda pada anak ya Moms. Contohnya dengan membiasakan mengenakan helm, menggunakan pakaian yang aman, juga mengajarkan keamanan berlalu lintas di jalan. Selamat memilih sepeda, Moms!

Baca Juga: Tip Aman Bersepeda Saat Pandemi