Hai Moms,  siapa yang anaknya enggak pilih-pilih makanan? Duh, happy banget pasti nih, enggak perlu khawatir dengan asupan gizi si Kecil ya moms. Tapi gimana ya dengan para Moms yang memiliki anak dengan tipe eaty pickers, terutama sayuran?  Biasanya anak-anak anti banget nih sama sayuran. Kenapa ya? Lalu, gimana sih caranya agar anak suka makan sayuran? 

Moms, sebagaimana yang kita tahu, sayuran mengandung banyak sekali vitamin, serat, dan juga mineral yang baik untuk pertumbuhan dan sistem imun si Kecil. Sayuran sebenarnya juga dapat meningkatkan keinginan makan seseorang karena warna dan bentuknya yang beragam. Untuk anak-anak sendiri, sayuran dapat dijadikan metode awal bagi si anak belajar makan, dengan memotong sayuran cukup panjang agar dapat digenggam. Kenapa anak-anak enggak suka makan sayur ya? Mungkin ini sebabnya Moms: 

Nah, caraku agar anak suka sayuran adalah:

  1. Memberikan contoh, dengan dia melihat ibunya suka makan sayur, dia akan tertarik untuk mencoba makanan itu juga. Karena anak-anak sangat ingin tahu apa yang dikerjakan atau dimakan orang dewasa.
  2. Memberikan rasa pada sayuran yang hendak dikonsumsi si Kecil, tentu saja ukuran perasanya disesuaikan dengan usianya ya Moms.  Saat usia Shafa di bawah 1 tahun aku memilih menggunakan beragam kaldu untuk menambah rasa gurih pada sayuran tersebut. 
  3. Menghidangkan sayuran yang berbeda setiap harinya agar si anak tidak bosan.
  4. Saat mulai susah makan sayur, terkadang aku suka setel youtube channel Coco Melon, di mana baby Jeje sangat suka makan sayur. Tapi jangan sering-sering tentunya ya Moms, susah juga nantinya kalau anak mulai kecanduan gadget. 
  5. Jika anak sudah mulai paham dengan apa yang kita ucapkan, beri pemahaman bahwa sayur adalah makanan yang baik untuk tubuhnya, contoh mudah katakanlah pada sianak, sayur dapat membuatnya lebih sehat dan lebih kuat saat bermain. 

Nah,  sekarang coba deh dipraktikkan Moms, mulai dari kita dulu yang menyukai sayuran, karena bisa jadi Moms sendiri tidAk begitu suka sayur, sehingga buah hati Moms menganggap makanan yang dia makan berbeda, dan ia akan cenderung memilih apa yang dimakan ibunya saja. Semoga berhasil ya Moms.