Infeksi telinga tergolong penyakit yang kerap dialami bayi. Sedikitnya lima dari enam anak sebelum genap berusia tiga tahun setidaknya pernah mengalami infeksi telinga, yaitu peradangan pada bagian telinga tengah.

Infeksi telinga pada bayi dan anak-anak sebagian besar terjadi pada saluran eustachia, yaitu saluran yang menghubungkan telinga, hidung dan tenggorokan. Karena saluran eustachia pada bayi dan anak-anak bentuknya lebih horizontal, pendek, dan kecil sehingga lebih mudah tersumbat dibandingkan dengan milik orang dewasa.

Bayi yang sedang mengalami infeksi telinga biasanya rewel, menangis dan sering menarik-narik telinganya. Tangisan bayi muncul karena rasa sakit yang dirasakan. Selain itu, tanda lainnya yang mungkin muncul adalah demam, keluar cairan dari telinga, sulit tidur, serta berkurangnya nafsu makan.

Berikut beberapa pertolongan pertama yang dapat dilakukan kepada bayi yang menderita infeksi telinga:

Jika tips di atas belum menyelesaikan problemnya, maka dianjurkan untuk memeriksakan bayi Moms ke Dokter Spesialis Anak. Pengobatan yang paling sederhana adalah memberikan obat jenis acetaminofen untuk mengurangi nyerinya.