Menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah hal yang sangat penting dilakukan lho,  Moms. Karena itu, ada baiknya kita sebagai orang tua mengajarkan si Kecil untuk membersihkan gigi dan mulut sedini mungkin. 

Kapan? Moms bisa memulainya sedari mereka bayi, yaitu dengan membersihkan lidah dan gusi usai diberikan ASI atau susu. 

Selain mengajarkan si Kecil membersihkan gigi, alangkah baiknya bila Moms juga rutin mengajak anak ke dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali. Tahukah Moms, mengajak si Kecil sejak dini untuk ke dokter gigi adalah Langkah yang tepat agar mereka terbiasa dan tidak takut untuk datang ke dokter gigi. Ingat! Ke dokter gigi bukan hanya saat ada masalah pada gigi saja lho, tapi dilakukan secara rutin agar kebersihan gigi dan mulut tetap terjaga. 

Nah, Moms bisa saja nih, mulai mengajak si Kecil ke dokter gigi saat gigi pertamanya muncul. Lalu, bagaimana  mengajak si Kecil yang belum terbiasa ke dokter gigi ya? Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tip yang dapat dilakukan agar si Kecil mau ke dokter gigi untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulutnya: 

Jelaskan arti penting kebersihan gigi dan mulut 

Menjelaskan arti penting kebersihan gigi dan mulut melalui buku cerita atau dongeng bisa menjadi salah satu cara yang tepat agar muncul keinginan si Kecil untuk memeriksakan gigi dan mulutnya pada dokter gigi.  Pilihlah buku bacaan menarik yang disertai gambar, agar si Kecil paham bagaimana alur cerita tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Jangan gunakan dokter gigi sebagai ancaman 

Kebanyakan orang tua nih, menggunakan dokter gigi sebagai ancaman saat si Kecil berbuat salah atau tidak mengikuti apa yang Moms katakan. Ayo, siapa nih yang pernah menggunakan kata-kata ancaman seperti itu? Nah, kata ancaman ini tentunya akan membuat si Kecil tidak ingin mengunjungi dokter gigi. So, jangan membuat si Kecil takut pada dokter gigi ya, Moms. 

Stop berikan sogokan 

Memberikan sogokan untuk mengunjungi dokter gigi adalah salah satu cara yang kurang tepat, Moms.  Karena, jika si Kecil terbiasa dengan sogokan, maka ia tidak akan sadar bahwa pentingnya memeriksakan gigi secara teratur. Dengan begitu, si Kecil juga tidak akan sadar dan tahu akan tanggung jawab mereka sendiri untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Kunjungi dokter pada pagi hari

Jika sudah berhasil membujuk si Kecil untuk mau ke dokter gigi, maka berikutnya adalah menjadwalkan kunjungan. Sebaiknya Moms menjadwalkan kunjungan ke dokter gigi di pagi hari,  saat si Kecil sedang bersemangat. Biasanya, si Kecil lebih  mudah diajak bekerja sama dan berperilaku baik di pagi hari, terutama jika mereka cukup tidur di malam harinya. 

Berikan penghargaan 

Setelah si Kecil berani untuk mengunjungi dokter gigi, tidak ada salahnya Moms memberikan penghargaan kecil, seperti mengajaknya makan makanan kesukaannya. Bukan hanya itu, Moms juga bisa memberikan pujian atas keberaniannya mengunjungi dokter gigi. Semoga bermanfaat.