Orang dewasa memiliki kebutuhan tidur 7-8 jam dalam sehari, apakah bayi juga sama? Ternyata, bayi punya kebutuhan tidur dalam jumlah berbeda, Moms. Bayi membutuhkan tidur yang lebih lama ketimbang orang dewasa seperti kita. Hal ini karena mereka masih dalam proses pertumbuhan, jadi tubuh mereka membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak agar tubuh mereka bisa berkembang dengan baik. Tidak seperti orang dewasa, kebutuhan tidur si kecil berubah seiring pertambahan usia mereka. Yuk, disimak perubahannya seperti apa.

Bayi baru lahir 

Dikutip dari laman Alodokter, kebutuhan tidur bayi yang baru lahir itu mencapai 16,5 jam. Tapi ini bukan hanya jam tidur malam, Moms. Biasanya ini mereka akan tidur kurang lebih 8 jam saat siang hari, dan 8,5 jam pada malam hari. Tidur siang selama 8 jam ini jumlah total ya, Moms. Jadi bayi yang baru lahir akan punya beberapa sesi tidur siang. Meskipun si kecil terlihat nyenyak, tetapi bayi yang baru lahir tetap harus disusui setiap 2-3 jam. Kalau tidak dia akan dehidrasi. 

Usia sebulan 

Pada usia ini biasanya bayi mulai mengenali siang dan malam. Mereka akan tidur sekitar 6-7 jam pada siang hari dan 8-9 jam pada malam hari. 

Tiga bulan 

Memasuki usia tiga bulan, ritme tidur bayi akan lebih teratur dan memiliki jam tidur yang lebih bisa ditebak. Total kebutuhan tidur mereka sekitar 14-16 jam. Namun dihabiskan lebih banyak di malam hari sekitar 10-11 jam. 

Enam bulan

Pada usia ini bayi sudah mulai mengenal makanan padat dan rutinitasnya akan lebih bisa diprediksi. Mereka membutuhkan tidur selama 14 jam sehari, dengan 3 jam di siang hari, dan sisanya di malam hari. 

9-12 bulan 

Mendekati usia setahun, kebutuhan tidur bayi berkurang sedikit menjadi 13,5 jam sehari, dengan durasi tidur siang menjadi 2,5 jam dan tidur malam tetap 11 jam. Biasanya, jam tidur si Kecil akan terganggu sedikit pada usia ini karena gigi yang mulai tumbuh membuat mereka tidak nyaman. 

Kapankah bayi akan tidur sepanjang malam tanpa terbangun-bangun? Jawabannya berbeda pada setiap anak. Menurut standfordchildren.org kebanyakan bayi tidak tidur sepanjang malam (6-8 jam) hingga mereka berumur 3 bulan, dan sekitar dua pertiga bayi rutin tidur sepanjang malam ketika berusia 6 bulan.

Nah, setelah tahu kebutuhan tidur si kecil, usahakan dipenuhi setiap hari ya, Moms, supaya pertumbuhannya paripurna.