Saat hamil terjadi perubahan hormonal yang signifikan pada tubuh wanita. Pada wanita yang beruntung bisa menjadi berkah dengan mendapatkan pregnancy glow, namun pada Moms yang kurang beruntung,  justru bisa menimbulkan berbagai masalah kulit. Walau begitu, perawatan kulit terutama kulit wajah sebenarnya tetap bisa dilakukan selama kehamilan. Tentunya dengan memperhatikan beberapa hal untuk memastikan perawatan yang dilakukan tidak menyebabkan gangguan pada janin yang sedang dikandung. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk menjaga kulit wajah saat hamil? Mari kita simak bersama.

Menghindari kandungan berbahaya 

Ketika memilih rangkaian perawatan wajah saat hamil, Moms harus lebih ekstra hati-hati membaca komposisi produk yang akan Moms gunakan. Pastikan produk tersebut tidak mengandung salicylic acid, Retin-A, retinol, retinyl palmitate, benzoyl peroxide, hydroquinone, dan obat jerawat yang diresepkan dokter. Selain bahan-bahan tersebut, Moms juga harus menghindari perawatan yang menggunakan laser, botox, atau pengelupasan kimiawi menggunakan asam salisilat. Selain itu sebaiknya Moms juga menghindari kosmetik yang mengandung phthalates dan formaldehyde, karena dua bahan ini punya potensi beracun.

Baca Juga : Perawatan Kulit Saat #DiRumahAja

Memilih perawatan yang lembut 

Banyak yang berpikir bahwa kulit seperti tameng baja yang tidak punya pengaruh besar pada kesehatan secara keseluruhan. Padahal ketimbang tameng baja, lebih tepat jika berpikir kulit itu seperti spons yang menyerap apapun yang kita oleskan di atasnya. Makanya, ketika Moms hamil, Moms harus lebih berhati-hati memilih kandungan kosmetik, dan sebaiknya memilih kosmetik yang bekerja dengan “lembut”. Produk yang berasal dari tanaman dan bahan-bahan alami adalah opsi yang bisa Moms ambil. Untuk Moms yang memiliki masalah dengan hiperpigmentasi, Moms bisa mencoba eksfoliasi menggunakan glycolic acid ketimbang retinoid sebagai alternatif yang lebih lembut. Untuk menjaga kulit wajah saat hamil dari keriput dan tanda penuaan, Moms bisa menggunakan serum vitamin C atau menggunakan produk yang mengandung antioksidan lain seperti vitamin E, vitamin B3, vitamin K, atau teh hijau.

Baca Juga : 3 Masker Alami untuk Kulit Glowing

Tinggalkan tabir surya penuh bahan kimia

Kalau Moms terbiasa menggunakan tabir surya yang penuh bahan kimia, saat hamil sebaiknya kebiasaan ini Moms ganti. Pilih tabir surya yang berbasis mineral sebagai alternatif yang lebih aman untuk menjaga kulit wajah saat hamil dari dampak buruk matahari. Zinc oxide dan titanium dioxide adalah bahan aktif yang biasanya terdapat dalam tabir surya berbasis mineral. Selain hal-hal di atas, jangan lupa untuk menjaga asupan nutrisi yang adekuat untuk kulit yang sehat dari dalam juga ya, Moms!

Baca Juga : Anjuran Nutrisi Selama Pandemi Menurut WHO