Yoga menjadi salah satu olahraga yang makin populer dari hari ke hari. Beberapa orang bahkan menjadikan yoga sebagai bagian penting dalam aktivitas mereka. Olahraga asal India ini terkadang tetap dilakukan meski dalam keadaan hamil. Lalu sebenarnya amankah aktivitas ini dilakukan saat hamil?

Yoga merupakan salah satu aktivitas olahraga yang dikategorikan aman dilakukan saat hamil. Tentu kondisi ini berlaku dengan catatan dan dilakukan sesuai petunjuk yang benar. Yoga, terutama jika dikombinasikan dengan olahraga lain, seperti berjalan kaki dapat menjadi cara yang baik dalam menjaga kebugaran ibu hamil.

Yoga dapat bermanfaat untuk membantu pernapasan dan relaksasi. Hal ini tentu berguna bagi ibu hamil dalam menjaga kesehatan emosional, apalagi biasanya pengaruh hormonal saat kehamilan sering membuat emosi kadang seperti roller coaster, hehehe. Yoga juga dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, meredakan stres fisik maupun emosional selama menjalani kehamilan.

Sejumlah studi juga menunjukkan bahwa olahraga ini dapat membantu menurunkan risiko sejumlah komplikasi kehamilan, menurunkan rasa nyeri dan tingkat stres. 

Manfaat yoga tidak hanya terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan dan bersifat fisik saja. Kelas yoga khusus ibu hamil juga dapat menjadi sarana ibu-ibu hamil untuk saling bertemu. Melalui pertemuan ini, para ibu dapat membentuk semacam komunitas yang saling memberi dukungan dan informasi tentang kehamilan.

Panduan umum jika ingin melakukan yoga selama kehamilan adalah sebagai berikut: