Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang digemari oleh banyak kalangan, tidak terkecuali oleh para wanita. 

Namun, untuk Moms yang sedang hamil, minum kopi tidak bisa sebebas saat sebelum hamil. Hal ini karena kafein, zat yang terdapat di dalam kopi, dapat diteruskan ke dalam plasenta dan meningkatkan level katekolamin ibu hamil, sehingga punya risiko menyebabkan terjadinya keguguran spontan. Walaupun memang, studi mengenai korelasi ini masih belum begitu kuat, namun tentunya sebagai seorang calon ibu, Moms tidak ingin mengambil risiko. 

Sebagai seorang pecinta kopi, tentunya benar-benar melepaskan diri dari kopi adalah hal yang berat. Tenang, nih, Moms. Ternyata Moms masih bisa menikmati kopi, namun ada catatannya. Apa saja? Yuk, kita simak bersama. 

Kurang dari 200 mg kafein dalam sehari 

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, belum ada kesimpulan yang pasti mengenai dampak konsumsi kafein yang tinggi terhadap risiko kematian janin. Walau begitu, mereka memberikan anjuran untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein tidak lebih dari 200 mg dalam sehari. Nah, minuman yang mengandung kafein ini bukan hanya kopi lo, Moms. Minuman berenergi, teh, cokelat, dan soda juga mengandung kafein. Untuk kopi saring sendiri, dalam satu cangkirnya terdapat 140 mg kafein. Sementara untuk kopi instan biasanya mengandung kafein sebanyak 60-80 mg. Jadi bisa ditarik kesimpulan, maksimal hanya secangkir kopi sehari ya, Moms. 

Tanpa atau lebih sedikit gula 

Selain kafein, seringkali yang harus diperhatikan saat konsumsi minuman ketika sedang hamil adalah kandungan gulanya, Moms. Apalagi kopi-kopi instan yang sudah mengandung gula atau pemanis buatan di dalamnya. Hal ini karena, konsumsi minuman dan makanan yang mengandung gula tinggi saat hamil dapat meningkatkan berbagai risiko kesehatan baik bagi Moms maupun janin yang sedang Moms kandung.Dalam sebuah penelitian di Inggris ditemukan bahwa para Moms hamil yang konsumsi gulanya tinggi memiliki risiko yang lebih besar melahirkan anak dengan masalah alergi dan asma. 

Berapa banyak sih terlalu banyak? Dalam sehari Moms sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 30 gr gula tambahan. Ini kira-kira 2 sendok makan gula. Total dalam sehari ya, Moms. Berarti Moms harus memperhatikan juga asupan gula dari berbagai minuman dan makanan lain yang Moms konsumsi dalam sehari. Selain memperhatikan asupan kafein, zat gizi yang lain yang penting untuk perkembangan janin jangan lupa dikonsumsi ya, Moms. Selamat menikmati kopinya!