Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, latihan ringan untuk mendapatkan posisi si kecil yang optimal, memilih musik untuk diperdengarkan kepadanya, hingga mengikuti berbagai kelas persiapan kedatangan calon bayi, tentu sudah Moms lakukan demi menyambut kehadiran buah hati. Tetapi, kadang-kadang, saat Moms merasa sudah melakukan semua untuk memiliki persalinan yang sempurna berakhir dengan timbulnya berbagai kecemasan ekstra dan seringkali tidak perlu. “Karena itu, ada baiknya setiap Moms mempersiapkan proses persalinannya dengan membuat daftar periksa dan saran,” kata Juliana A. Parker, RN, RNC-OB, pemilik Accel OB Partners in Care. 

Menurutnya ada cara untuk menyederhanakan proses, meningkatkan pengalaman kelahiran  dan menghabiskan lebih banyak waktu menikmati kehamilan Moms. Nah, berikut ini tip mempersiapkan persalinan normal dilansir dari Tommy.org:

Perkuat diri Moms

Setiap wanita berbeda, begitu pun tubuh Moms dan bayi, serta tidak ada dua kelahiran yang sama. Sehingga, sangat berguna untuk Moms mencari tahu tentang persalinan dan kelahiran serta memahami lebih banyak tentang pilihan juga pro dan kontra dari masing-masing keputusan, dapat membantu lebih merasa percaya diri tentang bagaimana ingin melahirkan si Kecil. Moms juga dapat berbicara dengan bidan jika ada sesuatu yang sangat dikhawatirkan. Mereka akan menjawab semua pertanyaan yang Moms miliki dan menjelaskan apa yang bisa dilakukan untuk melahirkan bayi dengan aman dalam setiap skenario yang mungkin. 

Persiapkan pikiranmu 

Cobalah untuk tidak mendengarkan cerita horor tentang persalinan karena ini benar-benar tidak membantu jika Moms merasa gugup. Cobalah untuk mengingat bahwa untuk setiap pengalaman buruk, ada seorang ibu di luar sana dengan kisah positif untuk diceritakan. 

Berlatih teknik relaksasi 

Menggunakan teknik pernapasan dapat membantu menenangkan saraf Moms (sebelum dan sesudah persalinan) dan mengendalikan rasa sakit. Moms dapat berlatih sepanjang kehamilan untuk memastikan Moms nyaman menggunakannya saat persalinan dimula. Meditasi dan visualisasi  dapat membantu Moms relaks selama kehamilan dan persalinan 

Pikirkan tentang rencana kelahiran 

Rencana persalinan dapat menjadi cara yang berguna untuk mengkomunikasikan semua keinginan, kekhawatiran, dan pilihan Moms dengan cepat dan efektif, terutama ketika Moms pindah ke persalinan aktif dan mungkin tidak ingin (atau dapat) berdiskusi panjang dengan bidan Moms, atau jika ada perubahan staf. Ingatlah bahwa persalinan tidak selalu sesuai dengan rencana pada hari itu, jadi Moms mungkin harus sedikit fleksibel.