Bagaimana menjalani kehamilan bahagia? Pada dasarnya setiap kehamilan adalah momen yang paling membahagiakan. Suatu momen yang benar-benar kita nantikan, terlebih pada kehamilan pertama. Saat mengetahui kehamilan pertama, kita pasti sangat excited. Membayangkan ini dan itu tentang proses kehamilan, pasti dimanja suami, pasti dituruti ini itu, pasti seru nih, belanja pernak pernik kebutuhan baby, menyiapkan syukuran dan lain sebagainya. Semua itu dapat terwujud jika kita menciptakan suasana bahagia pada kehamilan kita sendiri. Namun, pernah enggak sih Mom diterpa rasa cemas, khawatir dan takut atas proses kehamilan serta persalinan tersebut? Yuk simak tip berikut biar kita bisa selalu menciptakan suasana bahagia selama kehamilan:

Tanamkan mindset positif dalam hati dan pikiran kita

Pikirkan bahwa kehamilan adalah sebuah kejadian yang dinantikan sebagian wanita lainnya. Pernah bayangin enggak Mom? Banyak perempuan yang harus berjuang keras untuk proses kehamilannya? Dengan bersyukur atas apa yang telah kita terima saat ini, memiliki kehamilan yang kita harapkan akan lancar hingga persalinan, itu adalah satu langkah penting agar menjaga hati kita tetap bahagia. 

Bersikap baik akan mendatangkan support system

Ciptakan suasana yang baik juga dalam keluarga dan pergaulan. Bersikap baik pada siapapun akan membuat orang lain senang bersama kita, dengan begitu mereka pun akan mendoakan kehamilan dan persalinan kita agar lancar. Itulah sebabnya Moms hamil juga wajib menjaga sikap dan ucapan. 

Menjauh dari orang yang membuat kita berpikir negatif

Menjauhi pikiran negatif, serta menghindari orang-orang yang menyebabkan pikiran negatif tersebut. Ini pernah aku lakukan.  Saat itu kehamilanku ada trouble, dengan kehamilan pertama pastinya minim pengetahuan. Begitu aku tanya seorang teman jawabannya bukan membuat aku bersemangat malah bikin down. Akhirnya aku putuskan langsung konsultasi ke bidan. Di situ aku mulai dapat pencerahan, jadi lebih tenang, dan pastinya lebih happy. Hilang semua pikiran negatif. Sejak itu aku dapat pelajaran, jika ada kendala pada kehamilan kita, ada baiknya langsung konsultasi ke dokter kandungan masing-masing aja ya Moms. 

Lakukan apa yang membuat Moms  bahagia

Saat hamil entah kenapa aku jadi demam ikut Giveaway. semakin banyak menang jadi terus nagih. Alhamdulillah ya, aku sampai dapat free USG 4D 2 kali lho. Jadi Moms, kalau ada kegiatan yang Moms sukai, lanjutkan agar Moms selalu happy

Istirahat

Poin terpenting dari semuanya adalah jangan terlalu lelah. Ambil waktu untuk me time dan relaks sejenak Moms. Misal tidak punya ART, bisa kerjakan tugas rumah tangga sesuai kesanggupan kita. Ceritakan pada suami dan mintalah bantuannya untuk sama-sama berbagi tugas rumah tangga, terutama di saat awal kehamilan dan menjelang persalinan. Karena super berat cobaannya.

Nah,  itu tadi tip bahagia saat hamil yang aku jalani, semoga bermanfaat ya, Moms.