Junk food merupakan makanan yang mengandung nutrisi rendah dan cenderung tinggi lemak jenuh. Banyak orang memberikan label atau julukan beberapa makanan cepat saji sebagai junk food. Rasanya yang enak dan bikin ketagihan membuat setiap orang yang sudah pernah mencobanya akan rindu bila sudah lama tidak menikmati makanan tersebut lagi. 

Penggemar makanan ini tidak pandang usia dan latar belakang sosial, dari anak-anak hingga lansia, tidak terkecuali para ibu hamil. Bagi ibu hamil, makan junk food tentunya tidak disarankan. Jika keinginan makan junk food begitu menggoda, coba lakukan hal berikut ini untuk mengalihkannya: 

Masak di rumah

Banyak Moms hamil cenderung menghindari dapur karena area ini memiliki aroma khas yang bisa memicu mual.  Tetapi mual pada kehamilan tersebut biasanya tidak akan berlangsung selama masa kehamilan. Maka dari itu jika Moms sudah merasa lebih baik, Moms bisa mencoba melakukan kegiatan memasak di dapur. Selain menyenangkan dan menjadi lebih relaks, ternyata memasak di rumah juga menekan keinginan Moms untuk mengonsumsi junk food.

Baca Juga : Bolehkah Konsumsi Seafood Saat Hamil?

Stok camilan sehat

Mulai sekarang pilihlah camilan yang memiliki nutrisi tinggi seperti sayuran, buah dan kacang-kacangan. Selain mengonsumsi secara langsung,  Moms juga bisa mengolah sayur, buah dan kacang-kacangan menjadi kudapan lezat favorit keluarga.

Baca Juga : Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

Siapkan rencana menu 

Sambil bersantai Moms bisa menyiapkan rencana menu masakan selama seminggu ke depan. Buatlah perencanaan yang mudah dan bisa Moms kerjakan. Membuat perencanaan seperti ini membantu Moms lebih fokus untuk mengerjakan apa yang sudah Moms tulis dibandingkan harus membeli makanan dari luar.

Tahan diri 

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi junk food,  Moms harus menimbang mengenai nutrisi dan manfaat yang bisa Moms dapatkan dari makanan tersebut. Jika manfaat dan nutrisinya rendah maka Moms bisa mempertimbangkan mengonsumsi makanan tersebut. 

Lakukan kegiatan bermanfaat

Ketika rasa ingin mengonsumsi junk food bergelora,  maka Moms bisa mengalihkannya dengan melakukan kegiatan lain seperti yoga, istirahat hingga berkebun. Pilihlah kegiatan yang Moms lakukan dengan senang hati dan membahagiakan. Hal ini akan membuat Moms lupa tentang keinginan untuk mengonsumsi junk food.

Baca Juga : 3 Kegiatan Seru untuk Ibu Hamil Saat Pandemi