Tak sedikit para calon Moms yang merasa berat dan seolah mendapatkan beban terberat saat hamil. Apakah Moms salah satunya? 

Hamil adalah anugerah bagi setiap wanita, terutama bagi seorang istri yang telah siap untuk memiliki anak. Meskipun begitu, siap atau tidak siap untuk kehadiran seorang anak di tengah kehidupan Moms, proses kehamilan harus dijalani dengan gembira. 

Banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk menjalani kehamilan dengan gembira, salah satunya tidur. Saat Moms mulai hamil, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh. Jadi, sangat wajar jika Moms merasa lelah dan membutuhkan tidur lebih banyak dari sebelumnya. Itu kondisi yang normal. 

Tubuh Moms bekerja untuk melindungi dan memelihara janin yang sedang berkembang. Plasenta baru saja terbentuk, lalu Moms menghasilkan lebih banyak darah, dan jantung pun memompa lebih cepat. Siapa yang tak senang dengan tidur? Karena tidur adalah kebutuhan setiap manusia, maka Moms yang sedang hamil pun butuh tidur. 

Walaupun sejak hamil akan terasa lebih sulit untuk tidur, tapi nyatanya Moms hamil membutuhkan tidur,  terutama di siang hari. Ini sangat penting mengingat Moms hamil lebih sulit tidur ketika malam hari. Jadi, jika ada yang bilang Moms hamil tak boleh tidur siang, itu salah ya Moms. Justru sebaliknya, Moms hamil  diharuskan untuk tidur siang karena banyak sekali manfaatnya. 

Dikutip dari situs Motherly, berdasarkan jurnal yang diterbitkan di Sleep Medicine, bahwa tidur siang bagi Moms hamil dapat mencegah bayi lahir dengan berat badan lahir rendah. Jadi, manfaat tidur siang bagi Moms hamil tidak hanya menghilangkan rasa lelah bagi Moms, melainkan juga sang janin. 

Sementara bagi Moms, tidur yang cukup dapat membantu menyeimbangkan kadar dopamin. Hormon dopamin berkaitan dengan perasaan gembira dan kesenangan diri. Dopamin adalah neurotransmitter yang bertugas dalam menyampaikan pesan antar sel saraf. Bersama serotonin, endorfin, dan oksitosin, dopamin dijuluki sebagai hormon kebahagiaan, karena memengaruhi kesenangan yang kita rasakan. 

Dengan begitu, jika Moms cukup tidur, maka kadar dopamin akan seimbang dan membantu Moms untuk menjalani kehamilan dengan gembira dan penuh kebahagiaan. Sebaliknya, jika kurang istirahat dan tidur, Moms akan cepat marah, tidak sabar, sulit berkonsentrasi, murung, stres, dan depresi. 

Selain itu, jika kurang tidur, tubuh Moms akan lelah. Jadi, mulai sekarang, jangan takut untuk tidur siang. Luangkan waktu untuk selalu tidur yang cukup dan berkualitas. Tentunya dengan durasi yang dianjurkan, yakni sekira 7-9 jam setiap harinya.