Pada masa kehamilan,  setiap ibu pasti mengalami banyak perubahan. Perubahan-perubahan ini menyangkut banyak sekali aspek,  salah satunya aspek psikologis. Mood swing adalah salah satu perubahan yang mungkin sedang Moms rasakan saat ini. 

Menurut laman resmi babycentre , mood swing pada masa kehamilan adalah suatu hal yang normal. Biasanya ditandai dengan suasana hati yang mudah berubah dan tidak bisa diprediksi. Moms mungkin akan mengalami lonjakan emosi yang tiba-tiba,  entah mudah tertawa, gampang marah hingga tiba-tiba menangis. 

Mood swing biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor hormonal, stres hingga gangguan metabolisme. Tetapi tenang saja,  Moms tidak sendiri dalam menghadapi mood swing ini. Banyak Moms hamil yang mengalami perasaan tak menentu seperti ini. Mengelola atau mengontrol mood swing dapat membuat Moms terhindar dari stres dan tetap bahagia selama kehamilan. Berikut adalah beberapa tip yang bisa Moms terapkan untuk mengelola mood swing yang sedang Moms alami : 

Istirahat yang cukup 

Istirahat membantu tubuh Moms untuk tetap relaks dan beristirahat. Tubuh yang lelah akan membuat Moms kewalahan dalam mengontrol emosi yang Moms rasakan. Jika Moms harus tetap bekerja,  bicarakan hal ini kepada atasan Moms dan cobalah untuk mengambil cuti beberapa hari untuk istirahat.

Baca Juga : Posisi Tidur Terbaik Bagi Bumil

Berbicara dengan orang terdekat

Cara mudah lain mengurangi mood swing adalah berbicara pada orang terdekat atau pasangan. Mulailah berbicara kepada suami mengenai hal-hal yang membuat Moms sensitif akhir-akhir ini dan ceritakan juga mengenai hal-hal yang membuat Moms bahagia. Menceritakan perasaan Moms kepada pasangan akan membuat perasaan Moms menjadi lebih baik dan pasangan pun menjadi lebih mengerti dengan apa yang sedang Moms rasakan.

Lakukan aktivitas menyenangkan 

Moms bisa menyibukkan diri dengan aktivitas  yang Moms sukai,  seperti berkebun atau sekadar membaca buku. Melakukan aktivitas yang menyenangkan mampu meningkatkan rasa bahagia dan mengurangi stres atau mood swing yang sedang Moms rasakan. 

Lakukan olahraga ringan 

Selama hamil Moms bisa melakukan beberapa kegiatan olahraga yang aman dan sesuai dengan kemampuan yang bisa Moms lakukan. Salah satu jenis olahraga yang sering diminati ibu hamil adalah yoga. Yoga merupakan jenis olahraga yang selain mampu menyegarkan badan, yoga juga membantu untuk mengurangi beberapa keluhan fisik pada masa kehamilan. 

Baca Juga : Olahraga, Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Hindari overthinking 

Tetaplah percaya diri dan bahagia. Mungkin ketika masa kehamilan ini Moms akan menjadi lebih overthinking dari sebelumnya. Moms akan mulai memikirkan bagaimana jika nanti tidak bisa menjadi ibu dan istri yang baik atau bagaimana jika nanti persalinan tidak sesuai rencana. Moms harus mulai menerima diri sendiri dan berdamai dengan segala emosi yang Moms rasakan. 

Beberapa tip di atas bisa Moms gunakan untuk mengelola mood swing yang sedang Moms alami saat ini. Tetapi jika Moms mengalami mood swing,  terkadang sulit untuk Moms kontrol sendiri,  maka sudah saatnya Moms harus bertemu dengan dokter.

Baca Juga : Makanan Mood Booster Ibu Hamil