Di masa kehamilan, biasanya Moms akan lebih memperhatikan asupan yang masuk ke tubuh agar memberi manfaat bagi pertumbuhan janin, dan tidak membahayakannya. Di antara sekian pilihan makanan yang bermanfaat bagi Moms saat hamil, sudahkan mencoba buah naga? Buah satu ini ternyata mengandung karbohidrat yang dapat mengembalikan energi Moms hamil.

Buah yang bersisik di lapisan luar ini berasal dari Amerika Selatan dan Meksiko, namun sudah banyak ditemukan di Indonesia. Buahnya berwarna merah atau putih dengan biji kecil  berwarna hitam yang tersebar di daging buahnya. Rasanya cukup manis dan teksturnya lembut agak berair. 

Baca Juga : Ibu Hamil, Begini Cara Jitu Lawan Godaan Makan Junk Food

Selain karbohidrat, buah naga juga mengandung cukup banyak kalsium untuk membantu perkembangan struktur tulang bayi. Selain itu untuk meningkatkan sistem kekebalan bayi, ada kandungan zat besi, kalium, dan protein dalam buah naga.

Kandungan lainnya adalah asam folat yang terbukti bermanfaat untuk mengembangkan neurologi bayi. Vitamin C, serat, dan beta-karoten di dalam buah ini juga dapat menjaga kesehatan Mom. Salah satu komponen kuncinya adalah likopen yang sekaligus merupakan ciri khas buah naga.  Kandungan ini dapat melawan berbagai masalah jantung, hipertensi, serta mengurangi kemungkinan terkena kanker.

Kaya akan lemak baik

Lemak baik adalah lemak yang memberikan manfaat pada tubuh kita. Selain memberikan energi dan membantu proses metabolisme dalam tubuh, lemak baik juga mendorong pembentukan jaringan otak pada janin. Buah naga mengandung proporsi lemak yang lemak tidak jenuh tunggal yang cukup banyak. 

Sumber energi

Selain lemak, buah naga juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi untuk ditransfer ke janin.

Menjaga dari Infeksi

Mikroba dapat menginfeksi janin melalui plasenta dan dapat menimbulkan risiko bagi janin. Buah naga dapat meregenerasi sel dalam penyembuhan luka, juga mengandung anti-jamur dan anti-bakteri sebagai perlindungan sehingga dapat mencegah infeksi. 

Meredakan Konstipasi 

Jika Moms mengalami konstipasi atau sembelit, terutama saat hamil, mengonsumsi buah naga secara rutin dapat meredakannya dan membantu sistem pencernaan Moms kembali normal.

Baca Juga : Atasi Sembelit Saat Hamil

Meningkatkan hemoglobin

Zat besi di dalam buah naga membantu sel darah meningkatkan kadar hemoglobin agar dapat membawa oksigen, sehingga dapat mengurangi risiko anemia, Moms.

Membantu Perkembangan Tulang

Kalsium bukanlah satu-satunya mineral yang dibutuhkan janin untuk mengembangkan struktur tulangnya. Fosfor juga berperan penting, dan kedua nutrisi ini terkandung dalam buah naga dalam jumlah yang wajar. Selain itu, kalsium dan fosfor juga dapat menjaga kesehatan gigi Moms.

Mencegah preeklamsia

Hipertensi atau tekanan darah tinggi pada Moms hamil meningkatkan risiko preeklamsia. Buah naga dapat menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah, sehingga meminimalisasi terjadinya komplikasi saat hamil.

Baca Juga : Cegah Preeklamsia Sedini Mungkin