Cengkih biasanya digunakan sebagai bumbu pada masakan. Selain itu, cengkih juga 

menjadi salah satu bahan yang terdapat pada pasta gigi, sabun, parfum, dan rokok. Bahkan cengkih juga bisa dioleskan langsung pada gusi untuk menghilangkan sakit dan masalah-masalah gigi lainnya. Meski begitu, penelitian ilmiah yang mendukung hal ini masih terbatas. 

Kandungan gizi dalam cengkih di antaranya asam amino, mangan, eugenol, lemak, omega-3, vitamin K, vitamin C, magnesium dan kalsium. Cengkih juga mengandung beberapa jenis flavonoid termasuk kaempferol dan rhamnetin yang berpotensi sebagai antioksidan dan antiradang. Rempah ini juga berisi fitonutrien unik, termasuk sangat baik sebagai sumber mangan, serat, vitamin C, asam lemak, omega-3 dan kalsium serta magnesium.

Baca Juga : Perhatikan Ini Saat Memilih Sayuran untuk Ibu Hamil

Cengkih mengandung sejumlah zat adiktif yang disebut eugenol. Suatu studi menunjukkan bahwa komponen ini bermanfaat bagi kesehatan, antara lain untuk mencegah keracunan akibat polutan, seperti karbon tetraklorida, mencegah kanker saluran cerna dan peradangan sendi. Eugenol hasil ekstraksi cengkih digunakan untuk mengatasi sakit gigi misalnya nyeri gusi dan menambal gigi berlubang,  itu karena komponen dalam cengkih bersifat anestesi dan juga merupakan agen antibakteri. 

Eugenol juga dimanfaatkan sebagai anti peradangan. Untuk beberapa orang, penggunaan minyak cengkih sangat efektif untuk mengobati sakit gigi. Akan tetapi ada pengecualian untuk ibu hamil karena kandungan eugenol ini penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter. Jadi, kalau Moms ingin menggunakan minyak cengkih sebagai obat gigi, konsultasikan dulu pada dokter. 

Cengkih sebagai rempah yang banyak ditemukan di Indonesia, memiliki segudang manfaat selain sebagai bumbu masakan. Meskipun terdapat manfaat bagi ibu hamil, namun konsumsi cengkeh tetap harus dibatasi karena jika dikonsumsi berlebihan akan terjadi kontraksi. 

Berikut ini beberapa manfaat khusus yang bisa diperoleh dari cengkih: 

Perkembangan otak 

Salah satu kandungan di dalam cengkih adalah asam lemak omega-3 dan khasiatnya berguna dalam mendorong perkembangan otak dan sistem saraf bayi.

Baca Juga : Tanda Tubuh Kekurangan Karbohidrat, Otak Bisa Blank!

Pertumbuhan tulang dan janin 

Kalsium dan fosfor adalah kandungan gizi yang terdapat dalam cengkih. Fungsi keduanya bagi tubuh untuk perkembangan tulang, yang sangat dibutuhkan selama kehamilan. 

Meredakan nyeri saat hamil 

Flavonoid pada cengkih memiliki sifat antiinflamasi. Dengan begitu cengkih dapat meredakan nyeri selama kehamilan.

Baca Juga : Tips Untuk Mengurangi Nyeri Pinggang Saat Hamil

Jadi, sekarang Moms bisa menambahkan cengkih ke dalam masakan atau minuman sebagai penambah rasa dan aroma. Akan tetapi, jika Moms masih ragu lebih baik konsultasikan lagi ke dokter, ya.