Moms hamil harus mengonsumsi makanan dan  minuman yang kaya akan nutrisi, salah satunya kurma. Apa sih kandungan nutrisi yang terdapat pada kurma? 

Manfaat kurma 

Seperti yang sudah banyak orang ketahui,  ini loh kandungan yang terdapat pada kurma: 

7 gram serat

2 gram protein 

20% kebutuhan kalium harian

14% kebutuhan magnesium harian

18% kebutuhan tembaga

15% kebutuhan mangan

5% kebutuhan zat besi harian

12% kebutuhan vitamin B6 harian. 

Melansir dari Healthline, rasa manis dalam buah kurma berasal dari fruktosa. Zat ini adalah gula alami yang ditemukan dalam buah. Dalam 24 gram kurma, terdapat 67 kalori dan 18 gram karbohidrat, dan 2 gram serat (setara delapan persen kebutuhan serat harian tubuh). Banyak sekali kan Moms kandungannya.

Tak hanya kaya nutrisi, kurma juga memiliki banyak manfaat.  Beberapa manfaatnya adalah dapat mencegah terjadinya sembelit ketika hamil, mencegah terjadinya cacat lahir, mencegah anemia atau dapat menaikan kadar hemoglobin pada ibu hamil karena kandungan zat besinya dan menjadi sumber energi. Karena ibu hàmil sangat rentan mengalami HB rendah. 

Penyebab HB rendah pada ibu hamil 

Penurunan kadar hemoglobin ini umumnya disebabkan karena kurangnya asupan zat besi yang dikonsumsi ibu hamil. Kondisi ini juga disebut sebagai anemia defisiensi besi. Ketika asupan zat besi kurang, tubuh tidak menghasilkan jumlah hemoglobin yang memadai. Padahal seharusnya agar dapat berfungsi dengan baik, kadar hemoglobin dalam darah harus berada dalam kisaran normal. Kadar Hb normal untuk ibu hamil adalah 12-16 g/d. 

Soal HB yang rendah, aku pernah mengalaminya di kehamilan kedua, saat itu aku mengalami  pendarahan. Kata dokter kandungan, salah satu penyebabnya karena hemoglobin rendah. Dokter menyarankan untuk  mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti kurma. 

Meski banyak manfaat, namun konsumsinya juga perlu diperhatikan ya Moms. Para ahli menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi buah kurma dalam jumlah yang wajar yaitu sekitar 3-5 kurma setiap harinya. Hal ini dikarenakan dalam satu butir kurma dengan berat 100 gram sudah mengandung sebanyak 277 kalori, 75 gram karbohidrat, 7 gram serat, dan 2 gram protein. Itu sudah cukup memenuhi kebutuhan Moms.