Ketika sedang hamil, Moms semua pasti akan lebih berhati-hati saat mengonsumsi obat-obatan. Namun, meski sudah berusaha maksimal menjaga asupan nutrisi dan kebersihan lingkungan, terkadang infeksi virus masih tidak bisa kita hindari. Apalagi, virus penyebab penyakit dengan gejala batuk pilek seperti flu itu ada ratusan jumlahnya. Terus gimana dong solusinya biar tidak perlu langsung mengandalkan obat-obatan?  Sebenarnya Moms, tubuh manusia itu hebat sekali. Tuhan membekali tubuh manusia dengan kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri dan mengenyahkan kuman patogen yang menyerang tubuh. Tapi agar mekanisme pertahanan tubuh tersebut dapat bekerja dengan optimal, tubuh kita butuh didukung. Cara mendukungnya bagaimana? Nah, Moms bisa coba langkah-langkah sederhana berikut ini, nih! 

Istirahat 

Saat sakit, tubuh sedang bekerja keras menghasilkan sel-sel imun yang akan membunuh kuman-kuman penyakit. Nah, untuk mengurangi beban tubuh tersebut, Moms harus banyak istirahat, agar penyembuhannya maksimal. 

Minum cukup cairan 

Saat batuk pilek, Moms juga harus banyak minum cairan. Jangan sampai dehidrasi. Kalau dehidrasi, maka lendir di saluran pernapasan Moms akan semakin kental dan semakin sulit dikeluarkan. Apalagi jika suhu tubuh Moms tinggi, maka akan lebih rentan dehidrasi. Dehidrasi juga bahaya buat janin di perut Moms, lho, karena bisa mengurangi jumlah air ketuban. Jadi, jangan lupa banyak minum, ya. 

Kelola stres 

Stres juga berpengaruh langsung pada imunitas tubuh lho, Moms. Ketika kita stres maka respon imunitas tubuh kita akan menurun dan kita lebih rentan terserang infeksi. Makanya Moms harus jaga pikiran tetap positif agar penyembuhannya lebih cepat. 

Mengurangi asupan gula 

Tahukah, Moms, konsumsi gula berlebih akan berdampak pada penurunan aktivitas sel darah putih yang berimbas pada menurunnya fungsi kekebalan tubuh. Gula juga bisa mengganggu penyerapan vitamin C. 

Nutrisi pendukung 

Vitamin A, C, D, E, B kompleks, Zinc, dan Selenium merupakan nutrisi kunci untuk mendukung kekebalan tubuh yang prima. Mikronutrien pendukung ini bisa Moms temukan dalam berbagai buah dan sayuran. Vitamin D bisa Moms dapatkan dari aktivitas berjemur. Selain itu, Moms juga bisa mengonsumsi bahan makanan yang sifatnya antiinflamasi seperti kunyit, madu, makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt, kimchi, sauerkraut, dan makanan yang tinggi omega 3 seperti ikan laut. 

Sabar 

Saat sakit, Moms harus sabar dan memberi kesempatan pada tubuh Moms untuk memulihkan diri. Jangan terlalu terburu-buru minum obat-obatan, karena sebenarnya obat-obatan untuk flu yang beredar di pasaran itu sifatnya hanya pereda gejala, jadi tidak membunuh virusnya. 

Selain hal-hal di atas, jangan lupa berdoa ya, Moms. Supaya segera diberi kesembuhan dan janinnya pun tetap berkembang baik. Cepat sembuh, Moms! Kalau sakitnya berlanjut atau semakin memburuk, segera ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat, ya!