Pada awal kehamilan, terutama di trimester 1 kehamilan, seringkali ibu hamil kuatir ketika mengalami kram di perut. Apakah kram perut ini berbahaya?

Kram perut kadang memang terjadi saat kehamilan dan ini bukanlah hal yang perlu dikuatirkan. Biasanya kram terjadi di salah satu sisi perut atau bisa juga terjadi di kedua sisi. Hal ini normal terjadi karena ukuran rahim yang mulai membesar, sehingga kadang jaringan otot dan ligamen di sekitarnya akan "tertarik" dan pada kondisi tertentu bisa memicu sensasi kram.

Rasa nyeri ini mungkin dirasakan sebagai rasa seperti ditusuk-tusuk di perut bawah, atau rasa linu di daerah sekitar panggul. Jika kram perut ini terjadi sekali dua kali saja, maka Moms tidak perlu kuatir, karena hal tersebut memang kadang terjadi, and it's totally normal.

Beberapa hal yang dapat Moms lakukan, untuk mengurangi dan mencegah terjadinya kram perut adalah:

Namun pada beberapa kasus, kram perut yang terus menerus terjadi, dan berkepanjangan, mungkin perlu mendapat perhatian khusus, karena bisa jadi itu merupakan tanda dari suatu kondisi yang memerlukan perhatian medis. Beberapa hal itu contohnya: