Dalam kondisi hamil, ibu harus kuat menanggung beban janin sampai hari persalinan tiba. Tulang ibu selama hamil adalah salah satu kesehatan yang perlu dijaga. Karena ibu hamil membutuhkan tulang yang kuat untuk menopang badan sehingga tidak mudah pegal. Jika kesehatan tulang diabaikan, maka akan terjadi nyeri punggung. 

Nyeri punggung juga menjadi pertanda pertumbuhan janin yang baik. Karena ketika janin tumbuh dan membesar, berarti rahim juga ikut membesar. Pertumbuhan keduanya inilah yang menekan pembuluh darah dan saraf di area panggul dan punggung, sehingga bagian ini terasa nyeri. 

Mengutip dari laman WebMD, untuk mengatasi nyeri punggung ketika hamil ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu: 

Olahraga 

Jika Moms berolahraga secara teratur akan memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas. Dengan begitu bisa meredakan stres pada tulang belakang. Olahraga yang aman untuk sebagian besar wanita hamil termasuk berjalan, berenang, dan bersepeda stasioner. Moms bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan rekomendasi olahraga yang tepat bagi nyeri punggung.

Baca Juga : Pose Yoga yang Harus Dihindari Saat Hamil

Kompres 

Mengompres punggung cukup membantu untuk menghilangkan nyeri punggung Anda, Moms. Pertama-tama berikan kompres dingin menggunakan es batu yang dibalut dengan handuk. Tempelkan di bagian punggung yang sakit selama 20 menit beberapa kali dalam sehari. Setelah 2-3 hari baru ganti dengan kompres air hangat. Tetapi, hati-hati ya, Moms jangan mengompres bagian perut selama hamil.

Ubah postur tubuh 

Jika punggung terasa nyeri, Moms bisa coba mengubah postur tubuh. Bisa dimulai dengan membungkuk dan meregangkan tulang belakang Anda. Tegakkan badan dengan benar saat bekerja, duduk, atau tidur dengan posisi telentang adalah pilihan tepat. Tinggi kursi dengan meja kerja juga harus sesuai dengan postur tubuh Anda jadi jangan sampai terlalu rendah atau juga terlalu tinggi.

Akupuntur 

Akupuntur adalah salah satu bentuk pengobatan yang menusukkan jarum tipis ke dalam kulit  di lokasi tertentu. Jika  ingin melakukan akupuntur, pilihlah praktisi yang terlatih dan memiliki pengalaman. 

Chiropractic 

Terapi chiropractic adalah melakukan penekanan pada sendi tulang belakang (manipulasi tulang belakang) menggunakan tangan atau alat bantu khusus. Untuk melakukan terapi ini, Anda harus berkonsultasi lebih dulu pada  dokter. Selain melakukan hal-hal di atas untuk mengurangi nyeri punggung, Moms juga perlu mengonsumsi makanan pendukung lainnya untuk menguatkan kesehatan tulang. Jika nyeri punggung masih terus berlanjut, silakan kunjungi dokter kandungan Anda agar segera ditangani. Tetap jaga kesehatan ya, Moms!

Baca Juga : Normalkah Sakit Punggung Saat Hamil?