Banyak orang yang beranggapan bahwa ibu hamil sebaiknya tidak menjalankan puasa, demi memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil di dalam kandungan. Namun, benarkah pernyataan tersebut? Pada dasarnya, bumil tetap boleh berpuasa, asalkan kondisi Moms dan janin dalam keadaan sehat dan memungkinkan untuk berpuasa. Selain itu, hal lain yang perlu menjadi perhatian ialah nutrisi yang Moms hamil konsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Moms tidak bisa sembarangan dan asal makan tanpa memerhatikan zat gizi yang terkandung di dalam makanan tersebut. Mudahnya, makanan untuk bumil perlu memenuhi kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. 

 

Nah, agar tidak bingung menentukan menu sehat untuk sahur. Berikut menu sahur untuk puasa ibu hamil : 

 

Nasi goreng beras merah 

Makanan sahur untuk ibu hamil yang pertama ialah nasi merah. Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah mengandung lebih banyak serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Dengan begitu, mengonsumsi nasi merah tidak membuat berat badan melonjak drastis akibat penyerapan gula yang begitu cepat. Beras merah termasuk ke dalam golongan biji-bijian utuh yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori yang meningkat saat hamil tetapi tetap menyehatkan.

 

Telur ceplok kecap 

Telur menjadi salah satu sumber protein hewani yang sangat baik karena mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Telur mengandung kalori, protein, dan lemak berkualitas tinggi. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang sangat bagus untuk perkembangan otak bayi dan kesehatan bumil. 

 

Tumis brokoli bakso 

Sayur-sayuran menjadi salah satu makanan sahur untuk ibu hamil yang wajib ada. Brokoli dan sayuran berdaun hijau sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung kalsium dan juga folat yang dikenal baik untuk pertumbuhan tulang dan juga perkembangan otak janin.

 

Sup ikan segar 

Sebenarnya, semua jenis ikan itu baik untuk ibu hamil. Ikan merupakan jenis makanan sehat yang kandungan lemak jenuhnya rendah, tetapi kaya akan protein. Selain itu, ikan juga punya satu nutrisi yang penting untuk ibu hamil dapatkan selama masa kehamilan, yaitu asam lemak omega-3. Jenis asam lemak tidak jenuh ini berperan penting dalam perkembangan sel-sel otak, saraf, serta mata bayi dalam kandungan. Beberapa ikan juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup lengkap yang bermanfaat untuk menjaga tubuh Mama agar tetap sehat. 

 

Jus alpukat almond 

Makanan sahur untuk ibu hamil lainnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu buah. Buah-buahan bisa dijadikan makanan penutup saat sahur. Pisang misalnya bisa memberikan Moms energi tambahan saat puasa karena tinggi akan kalium. Selain itu, jeruk juga bisa menjadi pilihan. Selain kaya vitamin C yang membantu menjaga kekebalan tubuh, jeruk juga mengandung folat dan juga serat. Kandungan air di dalam jeruk yang mencapai 90 persen juga membantu memenuhi kebutuhan cairan yang dapat mencegah Moms dari dehidrasi saat puasa. 

 

Jangan lupa minum susu 

Susu juga merupakan menu yang wajib ada untuk ibu hamil saat sahur. Saat ini sudah banyak beredar susu  ibu hamil sesuai usia kehamilan. Susu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk  bumil, yaitu kalsium, vitamin D, asam folat, zat besi, omega 3 dan omega 6. Mengonsumsi susu saat sahur akan melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh Moms hamil dan penting untuk pertumbuhan bayi.