Kondisi morning sickness memang membuat Moms kehilangan banyak nutrisi. Mual muntah yang terjadi ini umumnya dialami oleh wanita hamil di trimester pertama. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi perkembangan janin mengingat di trimester pertama janin membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. 

 

Tak hanya itu, perkembangan otak juga terjadi di trimester pertama. Untuk itulah diperlukan cara agar nutrisi dapat diterima janin dan tentunya tidak membuat Moms merasa mual. Mual muntah akan menurunkan nafsu makan sehingga harus ditangani dengan tepat. Jika Moms ingin mengurangi rasa mual, cobalah mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini: 

 

Yogurt 

Yogurt terbuat dari susu pasteurisasi. Tentunya makanan ini aman untuk dikonsumsi oleh bumil asalkan sesuai dengan takaran penyajian. 200 gram per sekali makan adalah jumlah takaran yang dianjurkan. Selain itu Moms juga dianjurkan memilih plain yogurt dimana tidak ada pemanis buatan yang ditambahkan. Sangat dianjurkan pula memilih yogurt yang rendah lemak. Pastikan juga yogurt tersebut tidak terlalu asam atau konsumsilah setelah memakan biskuit atau makanan lainnya. 

 

Biskuit

Biskuit dapat mengurangi mual jika dikonsumsi pada pagi hari. Sebaiknya Moms memilih biskuit yang tinggi kandungan karbohidrat.

 

Kacang almond 

Inilah camilan paling sehat yang dapat dikonsumsi  bumil. Selain mengurangi mual, kacang almond juga dapat menurunkan stres pada Moms. Kandungan vitamin E nya baik untuk pertumbuhan rambut dan kulit janin. Tak hanya itu, kacang almond juga kaya akan kalsium yang berperan penting bagi kesehatan tulang dan gigi Moms dan janin. 

 

Pisang 

Pisang kaya akan serotonin dan vitamin B6. Vitamin B6 sangat penting untuk mengatasi mual. 

 

Pepaya, apel, dan lemon 

Selain untuk mengurangi sembelit, pepaya, lemon, dan apel juga baik bagi pencernaan dan mampu mengatasi mual dengan aromanya yang segar.

 

Jahe 

Cobalah untuk membuat minuman jahe atau memakan permen jahe. Kandungan antiemesis pada jahe tentu dapat membantu meringankan perasaan mual pada Moms. 

 

Selain makanan-makanan tersebut, Moms juga dapat mencari makanan dengan kandungan magnesium yang tinggi. Namun jika Moms mengalami hiperemesis, maka akan lebih baik untuk segera berkonsultasi ke dokter. Jangan sampai berat badan Moms turun drastis karena kondisi ini dan tetaplah semangat dalam menjalankan kehamilan. Mintalah dukungan pada suami dan orang-orang terdekat.