Berolahraga memang sangat dianjurkan bagi Moms di masa kehamilan. Selain membantu membuat Moms dan janin lebih sehat selama hamil, berolahraga juga dapat membantu mengurangi risiko komplikasi kehamilan dan mempermudah proses persalinan nanti loh, Moms. Namun, ada hal-hal yang perlu Moms perhatikan terkait olahraga saat hamil. Yuk simak penjelasannya.

Kenapa harus berolahraga?

Olahraga ringan akan meningkatkan energi Moms. Tapi tidak hanya itu, olahraga juga bermanfaat untuk:

Olahraga apa yang aman untuk Moms di masa kehamilan?

Kalau selama ini Moms jarang berolahraga, jangan memulai dengan olahraga berat ya Moms, apalagi tanpa berkonsultasi dengan dokter. Lakukan olahraga ringan yang tidak berisiko bagi Moms dan si Kecil. Moms bisa mencoba jenis olahraga berikut ini:

Senam Hamil

Beberapa rumah sakit sekarang umumnya memiliki kelas senam hamil. Moms bisa menanyakan di Rumah Sakit terdekat untuk bergabung. Kelas hamil akan dipandu oleh bidan dan biasanya hanya diikuti oleh 5 hingga 20 ibu hamil. Gunakan baju yang nyaman dan Moms juga bisa membawa alas senam sendiri. Jangan lupa ajak suami untuk turut serta menemani Moms ya.

'Syarat wajib' senam hamil

Olahraga bulan sekedar memakai kaus dan sepatu olahraga. Apalagi untuk Moms yang sedang hamil. Yang berikut ini, penting untuk Moms perhatikan:

Hindari olahraga dan kegiatan ini saat hamil

Selama hamil ada baiknya Moms menghindari kegiatan-kegiatan ini: