Moms pasti sering mendengar salah satu manfaat musik adalah dapat membuat otak janin yang sedang dikandung menjadi lebih berkembang. Benarkah hal itu? Dan apakah yang mendapatkan manfaat musik hanya janin di dalam kandungan? Berikut ini adalah berbagai manfaat dari stimulasi musik yang dapat Moms rasakan saat menjalani kehamilan.

Stres, cemas, dan depresi yang menyerang saat Moms sedang hamil dapat mempengaruhi kesehatan psikis moms dan juga kesehatan tumbuh kembang janin. Disadari atau tidak, janin di dalam kandungan juga dapat merasakan apa yang Moms rasakan. Kurangilah rasa cemas, stress berlebih dan depresi dengan mendengarkan musik. Janin juga akan merasakan keuntungan dari musik yang Moms dengarkan, apapun jenis musik itu, selama berirama tenang dan mengalun lembut, pasti akan memberi efek yang baik bagi janin dan juga Moms sendiri.

Untuk janin, mulai usia 20-24 minggu, ia sudah bisa mendengar suara-suara dari tubuh Moms, seperti detak jantung, desir aliran darah, dan bahkan belaian pada perut. Selanjutnya, janin mulai bisa mendengar suara-suara dari luar tubuh. Moms bisa membuktikannya dengan mengajak janin bicara ataupun memperdengarkan musik jenis apa saja. Sebagai reaksi, ia akan bergerak-gerak yang menandakan otaknya dapat menerima rangsangan dari luar.

Mendengarkan musik memberikan efek keseimbangan emosi dan ketenangan untuk Moms dan janin. Menurut penelitian, manfaat utama dari musik adalah meningkatkan kemampuan konsentrasi untuk janin yang Moms kandung. Kemampuan berkonsentrasi ini kelak akan bermanfaat untuk kemampuan bicaranya dan bersosialisasi yang muncul lebih cepat. Dengan kemampuan berkonsentrasi yang tinggi, anak juga lebih mudah menyerap informasi yang didapat dari lingkungan.