Kehamilan merupakan masa di mana terdapat banyak sekali perubahan,  baik dari segi fisik, psikologis hingga tanggung jawab. Tanggung jawab yang berubah seiring berubahnya peran menjadi calon orangtua. Orangtua di sini bukan hanya Moms seorang tetapi juga bersama suami. Dengan kata lain kehamilan adalah tanggung jawab bersama. Suami memiliki beban yang sama di pundaknya, sama seperti yang Moms rasakan. Mempersiapkan finansial menjadi hal penting pada masa kehamilan. Tetapi yang tidak kalah penting adalah peran suami yang lain untuk mendukung Moms dalam menjalani masa kehamilan dengan nyaman dan bahagia. Berikut adalah beberapa hal yang bisa suami lakukan pada saat masa kehamilan : 

Memberikan dukungan 

Memberikan dukungan, baik secara lisan maupun tindakan akan sangat membantu Moms untuk menjalani masa kehamilan. Merasakan perubahan-perubahan fisik dan psikis mungkin akan membuat Moms sedikit kewalahan, tetapi dengan adanya suami yang dengan sabar mendengarkan dan memberikan solusi tanpa menghakimi, maka hal tersebut akan sangat membantu. 

Cukupi kebutuhan nutrisi 

Moms hamil memerlukan sedikitnya 300 kkal lebih banyak kalori dari Moms yang tidak hamil. Kelebihan kalori tersebut akan digunakan untuk menopang kehidupan baru di dalam tubuh Moms, dan nutrisi-nutrisi yang baik akan membuat janin berkembang dengan baik. 

Menjadi suami siaga 

Suami siaga adalah suami yang siap dalam situasi apa pun. Perilaku-perilaku kecil seperti siap mengantar Moms untuk periksa bulanan hingga siap siaga membantu Moms jika mengalami masalah dan keluhan, akan sangat membantu. 

Bersabar 

Setiap hari tidak akan bisa ditebak mengenai perasaan Moms yang sedang hamil. Perubahan hormon berpengaruh pada keadaan mood Moms yang mudah berubah-ubah setiap waktunya. Diharapkan agar suami tetap sabar dan setia mendengarkan keluhan Moms, serta menghibur dan membuat Moms lebih nyaman dan relaks. 

 

Menambah pengetahuan 

Selain Moms yang harus meng-update pengetahuan terbaru mengenai kehamilan hingga persalinan, ada baiknya suami juga ikut belajar mengenai hal-hal tersebut. Dengan mengetahu banyak informasi seputar kehamilan dan persalinan, akan membantu untuk mengatasi berbagai keluhan-keluhan ringan pada saat masa kehamilan.