Saat hamil, Moms tentunya harus lebih memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Sebisa mungkin menghindari makanan-makanan yang miskin gizi, bahkan untuk pilihan camilan. Nah, tahukah Moms, buah adalah sumber gizi yang menawarkan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil, sehingga penting untuk dimasukkan ke dalam menu harian. Apa saja sih buah kaya manfaat untuk ibu hamil yang bisa Moms pilih? Mari kita simak ulasannya berikut ini. 

Jeruk 

Buah jeruk adalah buah kaya manfaat yang juga murah dan mudah ditemukan bahkan di pelosok Indonesia. Jeruk mengandung folat, vitamin C, dan juga air yang dibutuhkan ibu hamil setiap harinya. Jeruk baik untuk mencegah dehidrasi terutama untuk Moms yang susah minum dan banyak muntah. Kandungan vitamin C yang dimiliki jeruk juga bisa membantu penyerapan zat besi. Sementara folat, seperti yang sudah Moms tahu penting untuk mencegah cacat janin seperti kondisi spina bifida. 

Mangga 

Buah mangga muda identik dengan wanita yang sedang hamil muda. Apakah buah mangga adalah salah satu buah yang Moms idamkan saat hamil? Ternyata, buah mangga ini selain bisa membantu Moms mengurangi mual, juga kaya vitamin A dan C. Satu cangkir mangga yang dipotong-potong ternyata sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian lho, Moms. 

Pisang 

Satu lagi nih, Moms, buah kaya manfaat untuk ibu hamil yang mudah ditemui sepanjang tahun, yaitu pisang. Pisang adalah buah yang kaya potasium, juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat. Saat hamil, seringkali wanita akan mengalami sembelit, nah makan pisang yang kaya serat bisa jadi membantu Moms. Selain itu, menurut sebuah penelitian pada tahun 2014, vitamin B6 juga bisa membantu mengurangi mual muntah saat hamil. Semakin menjadi alasan untuk menambahkan pisang ke dalam menu harian Moms, bukan? Berapa banyak sih buah yang harus Moms konsumsi saat hamil? Disarankan untuk makan buah 2 porsi sehari ya, Moms. Satu porsi buah itu kira-kira satu cangkir buah potong atau satu buah utuh ukuran sedang (sebesar bola tenis), Moms. Nah sudahkah Moms konsumsi buah hari ini?