Menjadi calon Moms yang kini sedang mengandung merupakan tantangan tersendiri termasuk hal yang paling menakjubkan. Moms memiliki naluri untuk menjaga buah hatinya sejak di dalam kandungan hingga lahir dan tumbuh dewasa dengan sehat.  Banyak yang tadinya hal biasa saja, menjadi perkara rumit untuk Moms hamil, seperti posisi tidur. Posisi tidur memiliki andil penting karena perubahan fisik Moms sebelum hamil dan tengah hamil jauh berbeda. 

Pemilihan posisi tidur yang benar merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dianggap sepele. Ketika janin membesar dan ukuran rahim menjadi berkali-kali lipat besarnya,  maka setidaknya ada beberapa organ yang terpengaruh. 

Karena kondisi Moms tiap semester berbeda, maka posisi tidurnya pun mengikuti perubahan fisik Moms.  

Trimester pertama 

Trimester pertama  dimulai sejak awal kehamilan hingga usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Pada trimester ini, Moms hamil masih diperbolehkan tidur secara telentang. Namun, ketika usia kehamilan menginjak di atas 20 minggu, posisi ini tidak dianjurkan lagi. 

Trimester dua dan Tiga 

Trimester dua dan tiga  memiliki sedikit keistimewaan,  karena hanya ada satu posisi tidur yang direstui oleh tubuh yakni miring kiri. Kenapa miring kiri ? Miring kiri adalah posisi tidur ideal Moms hamil. Tidur miring kiri mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen dari ibu ke janin dengan optimal. Sedangkan tidur telentang di trimester ini sebaiknya dihindari karena  volume rahim yang membesar berisiko menekan vena besar di abdomen sehingga bisa berakibat kurang baik untuk Moms dan janin. 

Tidur miring kiri merupakan pilihan terbaik dari beberapa posisi tidur pada umumnya. Perut yang kian membesar dan berat mungkin akan membuat Moms kurang nyaman. Moms hamil bisa menambahkan bantal pada area kaki untuk mendapatkan kenyamanan ketika tidur. Kenakan juga baju yang nyaman dan  susun bantal sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan lebih saat tidur. 

Kualitas tidur Moms hamil itu sendiri tidak hanya berpengaruh pada kesehatan Moms tapi juga bayi di dalam kandungannya. Selain memerhatikan posisi tidur, Moms hamil  juga harus memerhatikan asupan nutrisinya,  yakni mengonsumsi kalsium untuk mengurangi kram pada kaki ketika tidur malam.