Pada masa kehamilan, seorang calon Ibu akan mengalami banyak perubahan, dari fisik hingga psikis. Perubahan-perubahan ini biasanya disebabkan oleh faktor hormonal dan faktor lainnya. 

Salah satu perubahan yang dialami oleh Ibu hamil adalah perut yang mulai membesar sesuai dengan usia kehamilan. Pembesaran perut ini terkadang disertai dengan terdapatnya guratan-guratan pada kulit yang biasa dikenal sebagai strechmark. 

Stretchmark pada kehamilan atau lebih dikenal dengan nama striae Gravidarum menurut Wikipedia adalah adalah bentuk jaringan parut pada kulit dengan rona yang tidak berwarna. Stretch mark pada kehamilan biasanya disebabkan oleh robeknya lapisan dermis kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan yang cepat. 

Baca Juga : Cegah Stretch Mark Saat Hamil

Strechmark ini ternyata bisa memiliki warna tergantung dari warna dan elastisitas kulit Moms. Umumnya stretch mark tidak akan bisa hilang tetapi akan berkurang setelah Moms melahirkan. Untuk menghindari munculnya stretch mark, lakukan langkah-langkah berikut ini ya Moms: 

Cukupi kebutuhan cairan 

Dengan mencukupi kebutuhan cairan maka Moms dapat mencegah stretchmark dengan satu langkah mudah ini. Mencukupi kebutuhan cairan akan membantu kulit dalam menjaga kelembapannya. Kulit yang lembap tentunya akan lebih halus daripada kulit yang kering. Kulit yang lembap dan halus ini cenderung tidak akan meregang terlalu banyak dibandingkan dengan kulit yang kering. 

Pantau kenaikan berat badan 

Kenaikan berat badan yang mendadak dan secara signifikan akan meningkatkan risiko terjadinya stretch mark pada Moms hamil. Alangkah baiknya Moms tetap memantau nutrisi dan kenaikan berat badan secara bertahap dan sesuai dengan usia kehamilan. 

Perhatikan nutrisi 

Untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembap,  selain memperhatikan kebutuhan cairan maka Moms harus memperhatikan nutrisi yang baik untuk kulit. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, Moms wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, zinc, protein, vitamin C dan Vitamin D. Mikronutrient tersebut bisa Moms dapatkan secara esensial lewat makanan maupun suplementasi. 

Baca Juga : Tambah Konsumsi Makanan Ini Selama Hamil

Gunakan losion

Menggunakan losion merupakan salah satu tip yang bisa Moms pilih untuk mencegah timbulnya stretch mark selama kehamilan. Menggunakan losion membantu kulit tetap lembap dan halus serta mengurangi rasa gatal pada stretch mark. Pilihlah losion  yang lembut dan cocok untuk Moms hamil. 

Tetap aktif bergerak 

Selain baik untuk mencegah berbagai ketidaknyamanan saat kehamilan, aktif bergerak juga membantu moms Mencegah terjadinya stretch mark. Dengan aktif bergerak,  Moms diharapkan mampu memantau laju kenaikan berat badan secara perlahan. Olahraga juga memiliki manfaat lainnya seperti melancarkan peredaran darah yang baik untuk regenerasi sel kulit. 

Baca Juga : Olahraga, Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil