Biasanya bayi sudah mulai menendang pertama kali di usia kehamilan 16 hingga 20 minggu. Kalau Mom belum merasakan tendangan sama sekali, jangan panik. Beberapa Moms "beruntung" bisa merasakan gerakan dan tendangan janin sedini usia kehamilan minggu ke-16. Tapi ada juga Moms yang baru merasakannya ketika kehamilan memasuki minggu ke-22 ke atas.

Menunggu bayi Ibu menendang?
 
Banyak yang mengira kalau tendangan bayi dalam kandungan akan tampak seperti tonjolan pada perut. Ternyata tidak harus seperti itu juga. Terkadang kalau diraba memang terasa seperti ada tonjolan, dan bahkan jika "beruntung" tendangannya bisa terlihat dari kulit perut bagian luar. Tapi karena di usia 16 minggu janin masih terlalu kecil dan ruang geraknya masih luas, gerakannya kadang tidak teraba dan tidak terasa. Mungkin juga karena gerakannya tidak selalu membentur dinding perut.

Saking halusnya gerakan, seringkali Moms tidak menyadari bahwa bayi bergerak. And that's totally normal, Mom.. No need to worry, okay? cool

Menanti gerakan pertama
 
Merasakan gerakan bayi pertama kali, rasanya sangat menakjubkan! Bagaimana tidak, itu bukti nyata kalau bayi dalam tubuh Ibu tumbuh sehat. Tapi, tiap kehamilan bisa berbeda. Walau pun umumnya bayi mulai bisa bergerak pada usia 16-20 minggu, mungkin saja bu tidak dapat memastikan kapan Ibu bisa merasakan gerakan bayi dalam kandungan.


Buat Moms yang penasaran dengan gerakan janin di dalam kandungan, berikut patokan-patokannya (tapi sekali lagi, ini bukan hal mutlak ya, karena tiap kehamilan pasti berbeda-beda pengalamannya):