Bila Moms terbiasa tidur tengkurap, ketika hamil ini akan menjadi pertanyaan. Amankah tidur tengkurap saat hamil? 

Seiring membesarnya janin, perut Moms pun ikut membesar, dan tidur tengkurap bukanlah pilihan yang baik.

Risiko mulas dan sembelit 

Tidur tengkurap merupakan posisi yang kurang nyaman saat Moms hamil karena rahim menjadi lebih berat. Pada trimester pertama, jika tidak terhindarkan, tidur tengkurap masih mungkin dilakukan. Namun, pada trimester kedua, tidur tengkurap dapat membuat Moms merasa mulas karena isi perut mengalir kembali ke esofagus.

Tidur dengan posisi tengkurap juga dapat memperlambat proses pencernaan, menahan makanan di perut untuk waktu yang lebih lama, yang dapat menyebabkan mulas dan sembelit. Saat trimester ketiga, kehamilan membuat Moms tidak nyaman tidur tengkurap.

Baca Juga : Atasi Sembelit Saat Hamil

Saat Moms tidur tengkurap, beban ekstra di perut dapat menarik tulang belakang, sehingga menyebabkan sakit punggung. Selain itu posisi ini juga memberi tekanan ekstra pada payudara yang biasanya sakit dan lunak selama kehamilan.

Baca Juga : Trimester Ketiga Kehamilan, Yuk Lakukan Aktivitas Ini!

Tidak membayakan janin 

Lalu apakah tidur tengkurap dapat membahayakan bayi? Ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh Moms yang sedang hamil. Dinding rahim memberikan janin perlindungan yang cukup bagi bayi, sehingga tidur tengkurap kemungkinan besar tidak membahayakan bayi. Namun dapat membuat Moms tidak nyaman.

Seiring usia kehamilan bertambah, tubuh Moms dapat memberi sinyal apa yang nyaman dan tidak. Cara terbaik adalah mengikuti tanda tersebut agar Moms tetap sehat secara fisik dan mental. 

Posisi tidur yang ideal saat hamil adalah menghadap ke sisi kiri karena dapat meningkatkan aliran darah nutrisi dari Moms ke janin yang sedang berkembang. Menghadap ke kiri juga tidak menekan organ hati Moms, meningkatkan fungsi ginjal dengan membantu mengeluarkan sampah dan cairan dari tubuh, sehingga dapat mengurangi pembengkakan di pergelangan kaki dan tangan. Moms juga dapat menempatkan bantal di antara kedua lutut agar tidur lebih nyaman.

Tidur nyaman saat hamil 

Berikut ini tips agar tidur lebih nyaman selama hamil:

  1. Minum lebih banyak air sepanjang hari, dan kurangi minum sebelum waktu tidur untuk menghindari keseringan buang air kecil
  2. Melakukan teknik relaksasi, seperti yoga, latihan pernapasan, dan meditasi dapat meredakan stres dan mengurangi gangguan tidur
  3. Menggunakan bantal dapat memberi kenyamanan pada Moms saat tidur
  4. Menghindari makanan pedas dan gorengan karena bisa menyebabkan mulas dan mengganggu tidur Moms
  5. Untuk mencegah mual, ngemil makanan ringan, seperti biskuit, dapat dijadikan pilihan dan bisa mengurangi rasa lapar tengah malam

Baca Juga : Cara Alami Hilangkan Mual Saat Hamil

  1. Mendengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur bisa menghilangkan stres dan membantu tidur lebih nyenyak
  2. Mandi air hangat sebelum tidur dapat menenangkan saraf yang tegang dan meningkatkan kualitas tidur
  3. Moms juga dapat meminta pasangan untuk memijat sebelum tidur.