Bayi dengan tubuh yang gemuk memang membuat kita jadi gemas. Biasanya bayi yang overweight, berawal dari berat badannya yang juga berlebih saat masih menjadi janin di dalam kandungan. Bumil yang kenaikan berat badannya pesat, berisiko memiliki janin yang overweight.  Janin yang overweight bisa membuat bayi cenderung mengalami obesitas seiring bertambahnya usia. Janin yang memiliki berat badan berlebih juga dapat meningkatkan risiko komplikasi kelahiran,  seperti persalinan caesar dan kelahiran prematur. Bahkan jika Moms mulai hamil dengan overweight atau obesitas dapat secara signifikan meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti gestasional diabetes dan preeklampsia. Berikut adalah tip agar janin tidak overweight

Mempertahankan berat badan ideal 

Hal terpenting yang bisa Moms lakukan sebelum hamil selain mengonsumsi vitamin prenatal, adalah memulai kehamilan dengan berat badan yang ideal. 

Makan dengan porsi kecil namun sering

Fokuslah hanya pada makanan sehat yang mengandung rendah karbohidrat dan protein, buah, dan sayuran bergizi tinggi. Jika ingin ngemil, pilihlah snack sehat di sela-sela waktu makan. 

Minum cukup air putih 

Penting sekali untuk menghindari dehidrasi selama kehamilan dengan cara minum cukup air putih. Cara ini bermanfaat untuk membantu Moms merasa kenyang di antara jam makan dan camilan. Minum air juga mencegah konstipasi (sembelit), salah satu efek samping yang kurang menyenangkan saat hamil. 

Trik cerdik saat ngidam

 Kuncinya adalah memuaskan dorongan ngidam namun tetap mendapatkan protein dan lemak sehat yang Moms dan bayi butuhkan,  serta membantu tetap kenyang. 

Kurang tidur

Kehamilan sering dikaitkan dengan masalah pada pola tidur dan istirahat. Biasanya karena kurang nyaman ataupun karena masalah lainnya. Jika Moms juga mengalaminya, upayakan untuk mencari cara terbaik untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan istirahat. Wanita hamil yang kurang tidur lebih mungkin mengalami peningkatan kadar gula darah dan diabetes gestasional. Seperti disebutkan sebelumnya, kondisi ini berkaitan dengan risiko janin overweight

Terlalu banyak konsumsi kafein 

Salah satu alasan mengapa wanita hamil sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi kafein adalah karena efek diuretiknya. Selain itu, kafein berlebihan juga dapat meningkatkan kadar gula darah Moms dan meningkatkan risiko diabetes gestasional. Pada akhirnya, kondisi ini pun berujung pada risiko janin overweight, Moms. 

Lakukan jogging 

Aktivitas paling aman yang bisa dilakukan wanita hamil adalah jogging atau berjalan kaki. Jogging tidak hanya penting untuk mengatasi kenaikan berat badan. Moms hamil akan mengalami lebih sedikit rasa sakit dan nyeri pada akhir kehamilan jika tetap aktif.