Pada trimester kedua kehamilan, proses perkembangan janin terlihat lebih nyata. Dari bentuk seperti sekelompok sel, sekarang bayi Moms sudah memiliki organ, saraf dan otot yang berfungsi. Di masa ini pun Moms mulai merasakan bayi  bergerak. Dan, Moms dan suami sudah bisa mencari tahu jenis kelamin si Kecil. Berikut perkembangan janin dari minggu ke minggu pada trimester kedua kehamilan: 

Minggu 13: Bentuk urin

Tiga belas minggu setelah kehamilan, bayi Moms mulai mengeluarkan air seni dan membuangnya ke dalam cairan ketuban di sekitarnya. Rangka tulang mulai mengeras, terutama tengkorak dan tulang  panjang. Janin sudah diliputi kulit tapi masih tipis dan transparan. 

Minggu 14: Jenis kelamin bayi mulai terlihat

Leher bayi  menjadi lebih tegas. Sel darah merah terbentuk di limpa bayi Moms. Jenis kelamin bayi Anda bisa saja mulai terlihat di minggu ini.

Minggu 15: Pola kulit kepala bayi berkembang

Bayi Moms tumbuh dengan pesat. Perkembangan tulang berlanjut dan akan segera terlihat pada gambar USG. Pola rambut kulit kepala bayi Anda juga mulai terbentuk.

Minggu 16: Mata bayi bergerak

Kepala bayi tegak. Matanya bisa bergerak perlahan. Pembentukan telinga hampir selesai.  Kulit bayi  semakin tebal. Gerakan tungkai bayi menjadi terkoordinasi dan dapat dideteksi  USG. Namun, gerakan tersebut masih terlalu kecil untuk Moms rasakan.

Minggu 17: Kuku kaki bayi berkembang

Kuku kaki mulai terbentuk. Bayi Moms menjadi lebih aktif di kantung ketuban, berguling dan membalik. Jantungnya memompa sekitar 100 liter darah setiap hari.

Minggu 18: Bayi mulai mendengar

Telinga bayi mulai menonjol di sisi kepalanya. Bayi  mungkin mulai mendengar suara. Jadi, mulailah perdengarkan suara-suara menyenangkan kepada bayi Moms.  Di saat ini pun matanya mulai menghadap ke depan dan sistem pencernaannya sudah mulai bekerja.

Minggu 19: Bayi mengembangkan lapisan pelindung

Lapisan berminyak seperti keju yang disebut vernix caseosa mulai menutupi bayi Anda. Vernix caseosa membantu melindungi kulit halus bayi dari lecet, pecah-pecah, dan pengerasan akibat paparan cairan ketuban. Untuk bayi perempuan, rahim dan saluran vagina sedang terbentuk.

Minggu 20: Titik tengah

Moms, selamat! Moms sudah setengah jalan dari perhitungan kelahiran si Kecil. Moms mungkin bisa merasakan gerakan bayi Anda. Bayi di rahim Anda pun tidur dan bangun secara teratur. Dia mungkin terbangun oleh suara atau gerakan Anda.

Sekarang bayi diperkirakan memiliki panjang 16 cm dari puncak kepala hingga bokong dan beratnya lebih dari 320 gram.

Minggu 21: Bayi mengisap jempolnya

Bayi Anda tertutup sepenuhnya oleh rambut halus dan tipis yang disebut lanugo. Fungsi lanugo adalah membantu menahan vernix caseosa di kulit. Refleks mengisap mulai  berkembang, yang membuat bayi Moms mengisap jempolnya.

Minggu 22: Rambut bayi terlihat

Alis dan rambut bayi Moms akan terlihat. Brown fat atau Lemak yang berwarna cokelat juga terbentuk. Lemak ini penting untuk menjaga suhu tubuh bayi tetap hangat. Di saat ini, testis sudah mulai turun pada bayi laki-laki.

Minggu 23: Bentuk sidik jari dan jejak kaki

Bayi Moms mulai memiliki gerakan mata yang cepat. Punggung di telapak tangan dan telapak kaki mulai terbentuk yang nantinya menjadi fondasi untuk sidik jari dan tapak kaki. Bayi Anda mungkin mulai cegukan, menyebabkan gerakan menyentak.

Minggu 24: Kulit bayi keriput

Kulit bayi Moms tampak berkerut, transparan dan tampak kemerahan karena darah terlihat di kapiler.

Minggu 25: Bayi merespons suara Anda

Bayi di dalam rahim Moms mungkin dapat merespons suara yang dikenal, seperti suara Moms atau ayahnya, dengan gerakan. Bayi Anda menghabiskan sebagian besar waktu tidur dengan Rapid Eye Movement (REM), yaitu matanya bergerak cepat meskipun kelopak mata tertutup.

Minggu 26: Paru-paru bayi berkembang

Paru-paru bayi  mulai menghasilkan surfaktan, zat yang memungkinkan kantung udara di paru-paru (alveolus) mengembang. Juga berfungsi membantu menstabilkan dinding alveolus sehingga tidak terjadinya kolaps pada akhir pernapasan. Sekarang bayi Moms diperkirakan memiliki panjang 23 cm  dari puncak kepala sampai bokong dan beratnya hampir 820 gram.

Minggu 27: trimester ke-2 berakhir

Minggu ini menandai akhir trimester kedua. Di masa ini sistem saraf bayi  terus berkembang. Bobot bayi  juga bertambah, yang akan membantu kulitnya terlihat lebih halus.