Bahaya rokok bukan hanya karena racun asap rokok yang dihirup oleh perokok aktif atau terhirup oleh perokok pasif, Moms. Bahaya rokok ini juga karena racun asap rokok itu menempel di area atau benda apa pun yang berdekatan dengan si perokok.

Masalahnya, menghilangkan sisa racun rokok sangat sulit, Moms. Racun rokok yang menempel pada permukaan benda dapat bertahan dalam hitungan minggu sampai bulan, bahkan tahunan.

Kandungan nikotin di udara dan permukaan menurun 90% dalam waktu satu bulan, sedangkan kandungan senyawa kimia karsinogenik asap rokok di udara menurun lebih pelan. Baru dapat menurun 90% itu dalam waktu tiga bulan.

Pakai kipas angin? Tindakan yang salah. Ternyata membersihkan dan menggunakan kipas angin atau vacum tidak cukup untuk menghilangkan racun rokok yang menempel ke permukaan benda. Lantas apa yang harus dilakukan ?

1. Berhenti merokok

Ini satu-satunya solusi paling ampuh untuk menghilangkan paparan racun rokok. Jika Dads susah sekali untuk stop merokok, cobalah pergi ke Klinik Berhenti Merokok. Di sini Dads bisa mendapatkan konseling untuk edukasi bahaya merokok serta cara-cara yang dapat membantunya menghentikan ketergantungan pada rokok. 

2. Cari cara agar tidak mencemari orang dengan asap rokok

Bila masih belum sanggup berhenti merokok,  maka dianjurkan untuk merokok di ruang terbuka. Lebih baik lagi jika merokok di ruang khusus merokok. Dan, pastikan tidak merokok di sekitar anak-anak.

3. Ciptakan rumah bebas rokok

Minta teman, tamu yang datang ke rumah, pekerja di rumah (penjaga anak, supir atau satpam) agar tidak merokok di area rumah Moms, apalagi  di sekitar si Kecil. Beri tahu bahwa asap rokok dapat meningkatkan risiko beragam masalah kesehatan bagi anak, seperti asma, bronkitis, pneumonia, dan masalah telinga tengah.  

4. Jangan merokok di dalam ruang tertutup

Toilet atau mobil adalah ruangan favorit para perokok. Meski tidak ada anak-anak di sekitarnya atau di dalamnya, Moms larang untuk merokok. 

5. Ganti baju dan keramas

Dads berusaha mengurangi menghembuskan asap rokok dengan hanya merokok di kantor. Mengingat asap rokok ternyata bisa menempel di baju dan tubuh, maka Moms harus mengingatkan Dads untuk harus mandi keramas dan ganti baju terlebih dulu bila ingin berkontak dan berinteraksi dengan anak-anak

6. Ganti atau renovasi benda-benda yang terpajan THS

Setelah Dads  sadar untuk tidak merokok  di dalam ruangan atau lebih bagi ia memutuskan untuk behenti merokok (Yeayyy…), langkah berikutnya Moms harus membersihkan sisa racun rokok yang masih tertinggal atau menempel agar hilangkan Third-hand smoke

Third-hand smoke adalah racun rokok yang melekat pada rambut, baju, dan permukaan benda-benda di lingkungan perokok menghembuskan nafas,  seperti langit-langit rumah, dinding, perabot, karpet, dan sebagainya

Langkah ini dilakukan agar si Kecil tidak terkena risiko akibat third-hand smoke. Caranya, seperti  mengecat kembali dinding  atau langit-langit rumah, membersihkan sistem ventilasi, membersihkan karpet (jika perlu diganti), dan membersihkan benda-benda lainnya yang kemungkinan tertempel asap rokok.

Baca Juga :Pengaruh Rokok pada Program Hamil