Vitamin E adalah vitamin yang terkenal baik untuk kesehatan kulit dan imunitas tubuh. Vitamin larut lemak ini memiliki peran utama sebagai antioksidan yang bisa membantu tubuh kita melawan radikal bebas. 

Radikal bebas adalah zat-zat yang bertanggung jawab pada banyak penyakit kronis seperti kanker. Vitamin-vitamin yang bersifat antioksidan seperti vitamin E bekerja dengan cara melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. 

Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kita menjadi lebih gampang terkena infeksi penyakit, kerusakan indera penglihatan, atau bahkan kelemahan otot. Nah, vitamin yang satu ini tidak harus dikonsumsi dalam bentuk suplemen lho, Moms. Ada banyak pilihan sumber vitamin E alami, seperti berikut ini. 

Baca Juga : Bulan Vitamin A, Ini Pentingnya Bagi si Kecil

Biji Bunga Matahari 

Secara teknis, biji bunga matahari sebenarnya adalah buah dari bunga matahari. Camilan yang lezat ini memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi ternyata, Moms. Dalam 100 gr biji bunga matahari terkandung 149 mg vitamin E. Ini sudah sangat mencukupi ya, Moms, karena kebutuhan harian hanya 15 mg sehari. 

Biji bunga matahari juga kaya selenium, asam fenolat, dan flavonoid yang juga berfungsi sebagai antioksidan seperti vitamin E. Selain itu, biji kecil ini juga mengandung asam linoleat yang merupakan asam lemak esensial omega 6 yang bisa membantu menurunkan kolesterol, lho! 

Kacang Almond 

Kacang yang acap dijadikan topping kue dan juga diolah menjadi susu nabati ini memiliki kandungan vitamin E sebanyak 26 mg dalam setiap 100 gramnya. Kacang almonds juga mengandung magnesium, lemak sehat, dan protein sehingga merupakan salah satu camilan padat gizi yang baik untuk semua usia. 

Daging Angsa 

Unggas yang satu ini mungkin tidak populer di Indonesia untuk dijadikan lauk. Padahal kandungan gizinya baik lho, Moms. Dalam 100 gr daging angsa terkandung sekitar 1.7 mg vitamin E. Daging angsa juga merupakan sumber protein, riboflavin, dan vitamin B6 yang baik.

Nah itu dia beberapa sumber vitamin E alami yang bisa Moms masukkan ke dalam diet harian keluarga untuk mencukupi kebutuhan vitamin E. 

Selain sumber di atas, beberapa buah-buahan seperti alpukat, mangga, dan kiwi juga tinggi vitamin E, Moms. Silakan divariasikan ya agar bisa memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Sehat selalu, Moms! 

Baca Juga : Sumber Vitamin E Alami