Ayam panggang merupakan menu favorit banyak keluarga. Rasa bumbu yang meresap dengan kulit crispy, namun daging yang empuk di dalam, menjadi incaran para penikmat ayam ini. 

Ayam panggang ada yang dipanggang utuh di oven. Namun  untuk kematangan sempurna yang dan memberikan rasa juicy yang gurih, cara memasak rotisserie sering menjadi pilihan. 

Rotisserie adalah proses pemanggangan yang dilakukan dengan bantuan tongkat (biasanya besi atau baja) yang di tusukkan di tengah-tengah ayam utuh, lalu ayam itu dipanggang sambil diputar terus. Banyak oven modern sekarang ini sudah dilengkapi fasilitas rotisserie, sehingga proses pemanggangan ayam pun menjadi mudah. 

Ingin tidak repot? Ayam panggang utuh sekarang banyak dijual. Berbagai supermarket menawarkan ayam panggang ini dengan harga terjangkau.

Masalahnya, ayam panggang ini dimasak dan dijual utuh untuk satu ayam. Tak jarang akhirnya membuat banyak daging ayam panggang tersisa. Nah, sebagai Moms yang pintar dan hemat, tentu ayam sisa ini jangan langsung dibuang. Banyak cara untuk memanfaatkannya. Ini beberapa caranya: 

1. Sandwich Ayam

Moms tinggal menyiapkan potongan roti yang enak yang diolesi sedikit mayones. Tambahkan  semua sayuran menyegarkan seperti selada dan tomat. Lalu lengkapi dengan potongan ayam sisa.  Jadilah makanan mengenyangkan dan sehat!

2. Salad

Iris-iris ayam sisa dalam potongan tipis atau bentuk dadu.  Lalu, siapkan di piring lebar itu potongan daun lettuce, tomat chery, potongan wortel (boleh segar atau dikukus), pipilan jagung muda atau kacang favorit. Bisa pula ditambahkan potongan alpukat untuk penambah protein dan lemak yang sehat.   Selanjutnya tambahkan ayam, lalu berikan dressing salad yang disukai. Nyam!

3. Nasi goreng

Suwir-suwir ayam sisa ini. Lalu jadikan sebagai taburan atau diaduk langsung bersama nasi dan bumbu nasi goreng. Adanya ayam ini akan membuat nasi ayam Moms makin menggugah selera si kecil. 

4. Chicken wrap

Moms tinggal membeli kulit kebab atau kulit torttilla. Panggang sebentar hingga matang. Lalu oleskan mayones dan saos pedas (bila suka pedas), lalu susun ditengahnya itu daging ayam yang sudah diambil tulangnya, irisan daun selada, bawang bombay, dan mentimun.  Lipat dengan rapi. Ini bisa menjadi makan malam atau makan siang yang  lezat.

5. Sup Ayam 

Jika Moms memiliki persediaan kaldu sayuran atau kaldu dading, manfaatkan sisa ayam untuk membuat sup ayam. Moms tinggal mengolahnya dengan menambahkan sayuran seperti, buncis, wortel, bawang Bombay, kentang dan daun sop. 

Lalu tambahkan bumbu sup seperti bawang merah, bawang putih dan lada yang dihaluskan. Masak selama beberapa menit saja, karena kaldu dan ayam sudah matang dan beraroma.

6. Pai pot ayam

Membuat resep memang sedikit rumit bila Moms harus membuat adonan sendiri pai nya. Untuk mudahnya, Moms tinggal membeli saja adonan puff pastry. Moms tinggal membuat isinya saja. Isinya adalah kentang, wortel yang dipotong kecil-kecil, pipilan jagung rebus, jamur dan tentunya ayam sisa yang sudah disuwir kasar. 

Lelehkan mentega,  lalu tumis bawang Bombay dan seledri. Tambahkan garam, merica hitam dan sedikit tepung. Aduk selama beberapa menit. Selanjutnya tuang kaldu ayam. 

Bila sudah mendidih, kecilkan api hingga rebusan mengental. Baru tambahkan susu dan masak hingga beberapa menit. Angkat rebusan dari kompor dan tambahkan sayuran dan suwiran ayam. Cek rasa garam dan merica. Baru kemudian ditempatkan di beberapa ramekin dan ditutup dengan puff pastry. Panggang hingga matang.  

7. Kari ayam ala-ala

Punya bubuk kari di rumah? Nah, olah saja ayam sisa menjadi ayam bumbu kari ala-ala. Selain, bumbu kari, Moms bisa memperkuat rasa dengan menambahkan kunyit, jahe, ketumbar dan cabe. Tumis semuanya dan tuangkan santan atau susu. Masak hingga bumbu menyatu. Siapkan nasi hangat untuk memakannnya. Lezat!

8. Spageti ayam

Moms pasti sudah piawai membuatnya. Ambil ayam atau daging Anda dan taruh di atas spageti atau pasta apa pun. Moms bisa membuat spaghetti ala oglio olio atau dengan pesto. 

9. Ayam tumis

Ambil beberapa ayam dan tambahkan beberapa wortel, zucchini, bawang Bombay, paprika atau kol/brokoli (telah direbus sebelumnya).  Tambahkan bumbu garam, merica, kecap asin dan saos tiram. Tumis dengan cepat. Dalam waktu sebentar sudah tersaji bersama nasi.

10. Arem-arem

Ayam panggang sisa bisa dimanfaatkan untuk isian arem-arem. Kombinasi nasi yang gurih dan ayam panggang berbumbu akan menghasilkan cita rasa arem-arem yang spesial.

Sebelum digunakan sebagai isian arem-arem, Moms tumis daging ayam dengan bumbu pedas agar rasanya lebih nikmat, yaitu bawang merah, bawang putih, dan cabe yang dihaluskan. Tambahkan daun salam dan  lengkuas yang dimemarkan, garam dan gula merah untuk penguat rasa. Tumis bersama potongan kentang dan wortel yang dipotong bentuk dadu kecil.

Siapakan daun pisang. Letakkan isian arem-arem dari ayam sisa ini di atas beras gurih yang sudah diaron. Gulung dan ikat, lalu kukus hingga matang. Kudapan gurih dan enak pun siap untuk sarapan maupun bekal camilan si Kecil sekolah atau Moms ke kantor.  Selamat mencoba, Moms. 

Baca Juga :Tips Memilih Daging Ayam