Apakah Moms bosan dengan sumber karbohidrat berupa nasi? Nah, salah satu tanaman serealia yang bisa Moms jadikan sebagai alternatif sumber karbohidrat adalah oat. 

Oat (Avena sativa) dikenal sebagai salah satu padi-padian paling sehat di dunia, Moms. Biasanya oat akan diolah menjadi oatmeal, yaitu oat yang direbus menjadi bubur. Oatmeal seringkali dikonsumsi sebagai sarapan atau diolah menjadi panganan lain.

Nah, buat Moms yang ingin mencoba mengonsumsi oatmeal untuk sarapan, berikut beberapa inspirasi olahan oatmeal untuk sarapan yang bisa dicoba. 

Tropical Oatmeal 

Sesuai namanya, oatmeal yang satu ini menggabungkan kebaikan oat dengan buah-buahan tropis seperti pisang, markisa, dan mangga. Caranya mudah Moms, masak setengah cangkir oat dengan setengah cangkir santan, setengah cangkir air, 1 sdm coconut butter, dan 1 sdm sirup maple. Masak hingga teksturnya creamy. Sajikan dengan topping buah-buah tropis tadi. Bisa juga ditambahkan irisan kacang almond untuk toppingnya. 

Oatmeal Jahe 

Jahe adalah rempah yang baik untuk pencernaan dan punya sifat antiinflamasi. Untuk semangkuk oatmeal jahe, Moms bisa memasak oat dengan susu almond, bubuk biji rami, sedikit bubuk kayu manis dan bubuk jahe, potongan pisang, dan secubit garam. Moms bisa menambahkan potongan buah di atas oatmeal ini untuk tambahan kelezatan. 

Oatmeal Kale Gurih 

Apakah Moms dan keluarga lebih menyukai rasa gurih ketimbang rasa manis? Jika ya, Moms bisa mencoba olahan oatmeal untuk sarapan yang satu ini. 

Resep ini menggunakan bahan-bahan yang tidak terlalu banyak, yakni: setengah potong jamur portabella diiris tipis, 2 cangkir kale iris, 1 sdm kecap, 1 cangkir oat, 2 ¼ cangkir kaldu, ½ sdt garam, dan telur rebus. 

Cara membuat bubur gurih ini juga tidak sulit: sementara Moms merebus oat dengan air kaldu dan garam, tumis jamur, kale, dan bubuhkan kale. Masak hingga kale layu. Jika kale terlalu kering bisa tambahkan sedikit air. Sajikan sayuran tumisan dan telor rebus sebagai topping bubur oatmealnya. Rasanya tidak kalah dengan bubur ayam yang biasa lewat di depan rumah lho, Moms! 

Apakah Moms punya resep andalan olahan oatmeal untuk sarapan yang lain? Bagi di kolom komentar ya!