Dalam beberapa tahun terakhir, infused water menjadi salah satu minuman yang populer di kalangan penggiat hidup sehat. Infused water atau detox water adalah air yang telah dicampurkan bahan-bahan seperti buah, rempah, atau sayur dan dibiarkan selama 1-12 jam. 

Proses infusi ini diklaim meningkatkan nutrisi air hingga memberikan berbagai manfaat kesehatan. Air yang telah diinfusi ini memiliki rasa yang lebih variatif sehingga cocok untuk memotivasi si kecil yang tidak suka air putih yang hambar. 

Nah, apakah Moms juga tertarik mencoba membuat infused water ini? Bisa coba beberapa resep infused water berikut ini. 

Infused water stroberi, basil, dan lemon 

Campurkan 5 cangkir air dengan setengah cangkir stroberi yang sudah diiris, 5 helai daun basil yang sudah disobek-sobek, dan 1 potongan tipis lemon. Biarkan campuran ini kira-kira 2 hingga 4 jam. 

Infused semangka, kiwi, dan jeruk nipis 

Campurkan 5 cangkir air dengan 1 cangkir semangka yang dipotong kubus, 1 buah kiwi yang dipotong sesuai selera, dan 1 buah jeruk nipis iris. Resep infused water yang satu ini segar sekali dinikmati di siang hari yang panas. 

Infused timun dan mint 

Campurkan seliter air dengan sepertiga cangkir timun iris dan sepertiga cangkir daun mint segar. Diamkan di suhu ruang selama 2 jam atau selama 3-4 jam di kulkas sebelum dinikmati. 

Sebenarnya, mengonsumsi cukup air setiap harinya akan memberikan efek positif pada kesehatan meskipun bukan infused water, Moms. Walau begitu, infused water adalah cara menyenangkan untuk minum air lebih banyak. Tidak bisa dimungkiri, ada nutrisi yang diserap air dari bahan-bahan yang infusnya, tetapi sebenarnya jumlahnya tidak signifikan hingga bisa memberikan efek dahsyat yang sering digaungkan dari infused water

O ya, infused water juga boleh dikenalkan sejak MPASI, tetapi tidak boleh terlalu banyak ya, Moms. Pasalnya, bayi 6-12 bulan hanya butuh setengah hingga satu cangkir air setiap harinya, karena kebutuhan cairan mereka masih dipenuhi oleh ASI atau formula. 

Untuk anak usia 1-3 tahun, mereka butuh sekitar 4 cangkir sehari, anak 4-8 tahun butuh rata-rata 5 cangkir sehari, dan sekitar 7-8 cangkir untuk anak-anak yang lebih besar. Sementara untuk Moms sendiri butuh 2.7 liter sehari dan 3.7 liter untuk Dads. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa minum, Moms!