Overnight oat merupakan sajian yang terdiri dari berbagai macam bahan makanan yang kaya akan nutrisi, seperti oat, susu, buah, yogurt, hingga biji chia. 

Makanan ini cocok dijadikan sebagai menu diet karena kandungan seratnya tinggi, sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Ketika perut terasa kenyang, Moms pun tidak tergoda untuk makanan secara berlebihan. 

Moms tertarik mencoba overnight oat? Berikut ini 3 resep yang bisa Moms praktikkan di rumah.

1. Classic Overnight Oat 

Bahan - bahan : 

1 cangkir plain Greek yogurt 

½ cangkir oatmeal instan 

5 sdm susu segar 

1 sdm chia seeds 

1 sdt ekstrak vanila 

Garam 

2 sdm madu 

Cara membuat: 

Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk, aduk hingga merata. Tutup dan diamkan selama 4 jam di dalam kulkas. Agar lebih nikmat, diamkan semalaman dan dikonsumsi pagi harinya. 

2. Strawberry Cheese Overnight Oat

 Bahan-bahan: 

1 cangkir plain yogurt greek 

½  cangkir oatmeal instan 

5 sdm susu UHT 

1 sdm biji chia 

½ sdt ekstrak vanila 

Garam 

2 sdm madu 

¼ cangkir stroberi, potong-potong

 3 sdm krim keju 

4 sdt lemon peras 

Cara membuat: 

Campurkan dan aduk semua bahan ke dalam mangkuk, kecuali stroberi.  Tutup dan diamkan semalaman. Tabur potongan stroberi sebagai topping saat akan disantap.

3. Mango Coconut Overnight Oat

 Bahan-bahan: 

1 cangkir plain Greek yogurt

 ½  cangkir oatmeal instan 

5 sdm susu segar atau susu kedelai 

1 sdm chia seeds 

½ sdt ekstrak vanila 

Garam 

2 sdm madu 

1 sendok mangga dipotong dadu kecil 

1 sendok kacang almond dipotong tipis 

1 sendok makan kelapa parut 

Cara membuat: 

Campur dan aduk semua bahan ke dalam mangkuk, kecuali mangga dan almond. Tutup dan diamkan semalaman. Taburkan mangga dan almond sebagai topping

Overnight oat ini selain untuk diet memiliki beragam manfaat juga lho moms , berikut manfaatnya : 

- Membuat kenyang lebih lama 

Dikutip dari laman Eatthis, oatmeal memiliki jumlah serat yang cukup untuk menurunkan berat badan dan kesehatan usus. Serat dalam oatmeal akan membantu Moms merasa kenyang untuk jangka waktu lebih lama. Dengan demikian, mengonsumsi oatmeal di malam hari bisa sebagai penekanan nafsu makan. 

- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Overnight oat juga membantu menambah energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serat beta-glukan di dalam oatmeal membantu perjalanan neutrofil ke lokasi infeksi lebih cepat, sehingga bakteri penyebab penyakit dan infeksi bisa segera diatasi. Cara kerja oatmeal sendiri yakni dengan meningkatkan aktivitas jenis sel kekebalan tertentu yang disebut sel T. 

- Menurunkan kolesterol dan menyehatkan jantung 

Dilansir dari Everydayhealth, berbagai antioksidan yang dikenal sebagai avenanthramides pada gandum dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap penyakit jantung koroner. Selain itu, serat oat spesifik bernama beta glucan,  turut mempengaruhi penurunan risiko dari penyakit jantung.  

- Menstabilkan suasana hati 

Mengonsumsi overnight oat juga dapat meningkatkan serotonin, sehingga akan membuat Moms merasa lebih bahagia. Serotonin sendiri merupakan hormon yang membantu menstabilkan suasana hati. Bahkan makanan dengan indeks glikemik rendah ini mampu mengandung selenium yang efektif menjaga suasana hati melalui pengaturan kelenjar tiroid. 

Wah,  banyak ya Moms manfaat dari overnight oat ini.  Yuk Moms, jangan ragu lagi untuk konsumsi setiap hari. 

Baca Juga :Resep Overnight Oat yang Mudah