Tak bisa disangkal jamur merupakan bahan makanan yang enak untuk dioleh berbagai makanan. Moms jangan segan-segan memberikan menu jamur untuk keluarga. Di samping mudah mengolahnya, Moms pun memberikan nutrisi yang baik bagi keluarga.

Berikut 4 resep jamur yang banyak disukai. 

Baca Juga :Amankah Makan Jamur Selama Kehamilan?

Resep Sup Jamur

Di musim penghujan ini sup jamur bisa menjadi sajian yang menghangatkan. Dapat pula Moms siapkan untuk sarapan keluarga. Sajikan dengan tambahan potongan roti bakar atau garlic bread

Bahan: 

Cara memasak :

  1. Masukkan jamur bersama bawang bombay cincang, thyme dan air kaldu dalam panci besar. Masak jamur dan bawang bombay hingga empuk. Kurang lebih sekitar 10 hingga 15 menit dengan api sedang.
  2. Sisihkan sedikit jamur yang utuh dari campuran di atas. Sisanya  masukkan ke dalam blender atau food processor.  Lalu, haluskan.
  3. Lelehkan mentega dalam panci, lalu masukkan tepung terigu, dan aduk hingga rata. Tambahkan garam, lada,  half and half (atau penggantinya) dan puree jamur. Aduk terus, didihkan dan masak sampai sup mengental. 
  4. Koreksi rasa, dan tambahkan sherry/anggur merah/ vinegar jika suka. 
  5. Sup jamur pun siap disajikan. 

Resep Jamur Tumis

Tumisan mushroom ini dapat Moms pakai untuk topping berbagai macam steak atau topping bagi kentang panggang yang lezat. 

Bahan: 

Cara memasak: 

  1. Panaskan minyak zaitun dan mentega dalam panci besar di atas api sedang. 
  2. Masukkan jamur, bawang putih, anggur merah, saus teriyaki, garam bawang putih, dan lada hitam. Aduk-aduk semua bahan, dan masak  sampai jamur berwarna agak kecoklatan, sekitar 5 menit. 
  3. Lalu, kecilkan api. Dan, masak hingga jamur menjadi luna. Ini sekitar 5 hingga 8 menit lagi.

Resep Jamur Tiram Crispy

Jamur tiram termasuk jamur yang harganya murah dan banyak dijual di pasar. Dengan tambahan irisan daun ketumbar akan menambah cita rasa.  Sajian ini bisa menjadi lauk atau camilan lewat yang akan disukai keluarga.

Bahan utama:  

 Bahan adonan tepung basah: 

Bahan tepung kering: 

Cara membuat :

  1. Cuci bersih jamur tiram. Tiriskan
  2.  Adonan tepung basah: campurkan tepung terigu, maizena, air, daun ketumbar, baking powder, bawang putih bubuk, garam, dan merica. Aduk rata. Sisihkan. 
  3. Tepung kering: siapkan wadah lain. Masukkan tepung terigu protein sedang, maizena, garam, bawang putih bubuk, merica bubuk, dan daun ketumbar. Aduk rata. 
  4. Celupkan jamur tiram satu demi satu ke dalam adonan tepung basah. Bila terlalu lebar, bisa disobek menjadi dua atau tiga bagian. Gulingkan di tepung kering. Pastikan semua bagian tertutup tepung kering. Cubit-cubit hingga jamur keriting. 
  5. Sementara itu, panaskan minyak dengan api sedang. Lalu, masukkan jamur tiram yang sudah dibalut tepung basah dan kering. 
  6. Goreng sampai matang dan teksturnya renyah. 
  7. Angkat dan tiriskan. Jamur tiram crispy siap disantap selagi hangat. 

Resep Jamur Enoki Crispy

Jamur ini sering hadir sebagai makanan pembuka di resto Chinese Food dengan harga lumayan mahal. Padahal pembuatannya mudah dan cepat. Moms pasti bisa membuatnya untuk keluarga.

Bahan-bahan:
- 2 bungkus jamur enoki, buang akar, cuci bersih
- 3 sdm tepung beras
- 3 sdm tepung terigu
- 2 sdm tepung kanji
- 1 sdt baking powder
- 1 sdt kaldu jamur
- Garam secukupnya
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1.  Campur semua tepung beras, terigu dan kanji bersama baking powder,  kaldu jamur  dan garam. Aduk rata.
  2. Ambil 3 sdm dari campuran tepung di atas. Lalu, larutkan dengan air secukupnya untuk adonan tepung basah. Buat adonan ini jangan keenceran atau kekentalan.
  3. Pisahkan satu-satu jamur enoki yang telah dipotong akarnya. Lalu celupkan ke larutan tepung basah, baru masukkan ke tepung kering, balur rata.
  4. Sementara itu panaskan minyak untuk menggoreng dalam wajan.
  5. Tepuk-tepuk ringan jamur di pinggir wadah agar tepung tidak ketebalan, sebelum memasukkannya ke dalam wajan. 
  6. Goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan. 
  7. Angkat dan tiriskan minyaknya. Jamur enoki crispy pun siap disantap.